Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran aktif dengan pendekatan *case method* sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 Universitas Islam Malang (UNISMA), yaitu pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif. Buku ini ditulis sebagai upaya untuk mengkaji dampak implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap pencapaian IKU 7, serta mengupas secara mendalam tentang konsep dan penerapan pembelajaran berbasis kasus (*case-based learning*) dalam konteks pendidikan tinggi, khususnya di UNISMA. Buku ini menjelaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, yang menggabungkan antara pembelajaran bermakna dan pembelajaran aktif. Metode *case method* dianggap sebagai salah satu pendekatan yang mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta membangun keterampilan berkolaborasi yang relevan dengan tantangan dunia kerja di abad ke-21. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran penting dosen dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mengimplementasikan metode yang mendukung pembelajaran kolaboratif dan partisipatif. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis kasus, buku ini menjadi referensi penting bagi dosen, mahasiswa, dan pengambil kebijakan pendidikan tinggi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai standar kinerja akademik yang lebih baik.
Pembelajaran merupakan kegiatan inti dari keseluruhan proses pendi dikan di perguruan tinggi Salah satu indikator mutu pendidikan di perguruan tinggi dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa clan kual itas hasil belajar akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran nya Dosen merupakan faktor determinan dalam menentukan tinggi rendahnya kualitas proses pembelajaran Kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana dosen dalam menggunakan sistem peny ajian bahan peranan dosen dalam mengelola kegiatan pembelajaran tingkat partisipasi clan jenis kegiatan belajar yang dihayati mahasiswa serta iklim proses pembelajaran Ada dua pola pembelajaran di pergu ruan tinggi yaitu pola pembelajaran yang berpusat pada lembaga atau dosen yaitu seorang dosen mengajar mahasiswa dengan bahan ajar yang sudah given sebagaimana yang telah dituangkan dalam silabus clan pola pembelajaran yang di desain dengan pendekatan sistem yaitu dosen mengajar dan mahasiswa belajar bertolak dari kebutuhan belajar mahasiswa yang diawali dengan needs assesment
Jumlah Halaman | 120 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-601-4 |
eISBN | proses |