Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Pembelajaran Abad ke-21, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan tantangan dan dinamika dunia modern. Buku ini dirancang untuk membimbing para pendidik dan pembelajar dalam menghadapi perubahan paradigma pendidikan, terutama dalam konteks Kurikulum 2013 (K-13). Dalam buku ini, dibahas beberapa konsep utama, antara lain: - Strategi Literasi dalam Pembelajaran, termasuk latar belakang munculnya literasi, tahapan pelaksanaannya, dan strategi dalam membangun literasi sebagai keterampilan tingkat tinggi. - Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mencakup latar belakang, definisi, tujuan, rasional, tantangan, dan implementasi penguatan karakter sebagai poros pendidikan. - Penilaian Pembelajaran K-13, yang meliputi pergeseran paradigma penilaian, kerangka sistem penilaian, serta pendekatan penilaian berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). - Penilaian HOTS, yang menjelaskan pengertian, peran, karakteristik, dan perbandingan dengan asesmen tradisional, serta dimensi proses kognitif dalam soal HOTS. - Generasi Emas Abad ke-21, yang membahas tentang visi dan misi dalam membentuk generasi yang berkompeten dan berintegritas. Buku ini juga menyajikan ilustrasi implementasi PPK, simulasi model penguatan karakter, manfaat dan implikasi PPK, serta konsep pelatihan dalam penguatan karakter. Semua materi disusun secara terstruktur dan sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep tersebut dalam praktik pembelajaran di sekolah. Buku ini sangat relevan bagi guru, pengelola madrasah, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran dan karakter siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Pembelajaran Abad ke-21, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan tantangan dan dinamika dunia modern. Buku ini dirancang untuk membimbing para pendidik dan pembelajar dalam menghadapi perubahan paradigma pendidikan, terutama dalam konteks Kurikulum 2013 (K-13). Dalam buku ini, dibahas beberapa konsep utama, antara lain: - Strategi Literasi dalam Pembelajaran, termasuk latar belakang munculnya literasi, tahapan pelaksanaannya, dan strategi dalam membangun literasi sebagai keterampilan tingkat tinggi. - Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mencakup latar belakang, definisi, tujuan, rasional, tantangan, dan implementasi penguatan karakter sebagai poros pendidikan. - Penilaian Pembelajaran K-13, yang meliputi pergeseran paradigma penilaian, kerangka sistem penilaian, serta pendekatan penilaian berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). - Penilaian HOTS, yang menjelaskan pengertian, peran, karakteristik, dan perbandingan dengan asesmen tradisional, serta dimensi proses kognitif dalam soal HOTS. - Generasi Emas Abad ke-21, yang membahas tentang visi dan misi dalam membentuk generasi yang berkompeten dan berintegritas. Buku ini juga menyajikan ilustrasi implementasi PPK, simulasi model penguatan karakter, manfaat dan implikasi PPK, serta konsep pelatihan dalam penguatan karakter. Semua materi disusun secara terstruktur dan sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep tersebut dalam praktik pembelajaran di sekolah. Buku ini sangat relevan bagi guru, pengelola madrasah, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran dan karakter siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5988-05-9 |
eISBN |