PEMBELAJARAN ABAD 21

PEMBELAJARAN ABAD 21

Drs. Daryanto; Drs. Syaiful Karim, M.T

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:03:09

Deskripsi Buku

Abad 21 yang dikenal semua orang sebagai abad pengetahuan yang merupakan landasan utama untuk berbagai aspek kehidupan Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata menguasai teknologi informasi berkomunikasi dan berkolaborasi Pencapaian keterampilan tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dari sisi penguasaan materi dan keterampilan Perkembangan media teknologi informasi menjadi salah satu landasan pokok dalam perkembangan pembelajaran abad 21 Media teknologi informasi seolah menjadi hal wajib yang digunakan dalam kehidupan sehari hari yaitu penggunaan internet salah satunya Dimana di Indonesia tiap tahunnya penggunaan internet mengalami peningkatan yang signifikan Sebagaimana dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007 menyebutkan bahwa salah satu kompetensi wajib guru yaitu memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik Tantangan dalam pembelajaran abad 21 dan perubahan kurikulum 2013 menuntut kemampuan pedagogis guru sebagai pengajar untuk lebih mampu mendesain pembelajaran agar lebih menarik dan bermakna kegiatan belajar mengajar harus diperluas melampui batas batas ruang kelas Interaksi siswa dengan lingkungan sekitar mesti diperbanyak dengan berbagai bentuk metodologi Namun dari hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam merancang tujuan pembelajaran dan membuat dokumen kurikulum masih kurang Pada abad ke 21 Bangsa Indonesia menghadapi tantangan global yang sangat banyak Tuntutan tersebut diantaranya adalah peserta didik membutuhkan pikiran komunikasi verbal dan tulis teamwork kreativitas keterampilan meneliti dan problem solving untuk bersaing dan tumbuh dengan baik di masa depan Selain itu peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi menyusun dan mengungkapkan menganalisa untuk menyelesaikan masalah akan tetapi lingkungan pendidikan tidak memposisikan untuk mengajarkan kemampuan tersebut kepada peserta didik Peserta didik sering berhasil memecahkan masalah tertentu tetapi gagal jika konteks masalah tersebut sedikit diubah Abad 21 yang dikenal semua orang sebagai abad pengetahuan yang merupakan landasan utama untuk berbagai aspek kehidupan Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata menguasai teknologi informasi berkomunikasi dan berkolaborasi Pencapaian keterampilan tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode pembelajaran yang ...

Style

MLA Style
Daryanto dan Syaiful Karim. PEMBELAJARAN ABAD 21 . Yogyakarta: Gava Media, 2017. Online.
Chicago Style
Daryanto dan Syaiful Karim. PEMBELAJARAN ABAD 21 . Yogyakarta: Gava Media, 2017.
Turabian Style
Daryanto dan Syaiful Karim, PEMBELAJARAN ABAD 21 . Yogyakarta: Gava Media, 2017.
APA Style
Daryanto dan Syaiful Karim. (2017). PEMBELAJARAN ABAD 21 . Yogyakarta: Gava Media.
Harvard Style
Daryanto dan Syaiful Karim, 2017, PEMBELAJARAN ABAD 21 , Gava Media, .
IEEE Style
Daryanto dan Syaiful Karim. PEMBELAJARAN ABAD 21 . Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Detail Buku

Jumlah Halaman
276
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-602-6948-76-2
eISBN

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua