Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keterampilan abad 21 yang menjadi penting dalam konteks pendidikan modern. Dalam bab pertama, penulis menjelaskan tantangan pendidikan di abad 21, seperti perubahan cepat dalam teknologi dan kebutuhan akan pemecahan masalah yang kritis. Selanjutnya, buku ini menjelaskan apa itu keterampilan abad 21 dan mengapa keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Penulis juga menjelaskan bagaimana pembelajaran dalam konteks keterampilan abad 21 dapat dilakukan, serta prinsip-prinsip pendidikan abad 21 yang terkandung dalam Kurikulum 2013. Dalam bab kedua, buku ini menjelaskan tentang standar proses pendidikan, fungsi standar tersebut, dan keterkaitannya dengan standar lainnya. Penulis juga menguraikan peran guru dalam mencapai standar proses pendidikan melalui optimalisasi peran guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini memberikan penjelasan tentang keterampilan dasar seorang guru dalam proses pembelajaran, seperti keterampilan bertanya, memberi penguat, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, serta mengelola kelas. Dalam bab terakhir, buku ini menyajikan beberapa strategi pendukung pembelajaran abad 21 yang dapat diterapkan dalam pembelajaran berbasis kurikulum K13, seperti pembelajaran berbasis penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Buku ini juga menyoroti pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT Literacy) dalam mendukung pembelajaran dan mengurangi kesenjangan informasi, terutama di daerah pedesaan. Upaya pemerintah dalam membangun generasi emas melalui penyempurnaan kurikulum dan peningkatan profesionalisme guru juga menjadi bagian penting dari pembahasan dalam buku ini.
Buku ini menyajikan ragam keterampilan pembelajaran abad 21 yang harus dikuasai seorang guru professional yang sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dan Kurikulum 2013 Kerangka teori yang disajikan mulai dari Apa bagaimana dan mengapa mesti Pembelajaran abad 21 Tersajikan juga ragam keterampilan abad 21 yang harus di kuasai peserta didik kita di jaman sekarang serta bagaimana seorang guru membelajarkan keterampilan abad 21 pada peserta didik
Jumlah Halaman | 208 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-979-020-792-9 |
eISBN | 978-623-252-255-8 |