Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia, dengan fokus pada berbagai aspek yang relevan dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera, adil, dan beradab. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama yang mencakup: 1. Pendahuluan: Memberikan latar belakang dan tujuan dari pembaruan pendidikan Islam, serta menyajikan ruang lingkup dan pendekatan yang digunakan dalam penulisan. 2. Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Pendekatan Pembaruan Pendidikan Islam: Bab ini menjelaskan konsep dasar pembaruan pendidikan Islam, termasuk tujuan dan pendekatan yang dianut dalam proses pembaharuan tersebut. 3. Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pembaharuan Pendidikan Islam: Bab ini menguraikan berbagai faktor yang mempercepat atau menghambat proses pembaruan pendidikan Islam, serta mengeksplorasi prospek masa depan dalam upaya tersebut. 4. Pembaharuan Aspek Epistemologi Pendidikan Islam: Bab ini membahas pembaruan konsep keagamaan, manusia, masyarakat, alam, ilmu pengetahuan, dan akhlak mulia dalam konteks pendidikan Islam. 5. Problematika Pendidikan Islam: Bab ini mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam sistem pendidikan Islam, serta menjelaskan tantangan dan hambatan yang muncul dalam upaya pembaruan. 6. Pembaharuan Peran Strategis Filsafat Pendidikan Islam: Bab ini menggambarkan peran strategis filsafat dalam memandu dan memperkaya pemahaman tentang pendidikan Islam, serta menjelaskan peran filsafat dalam menjawab tantangan dan permasalahan pendidikan. 7. Pembaharuan Pendidikan Pesantren: Bab ini memfokuskan pada upaya pembaharuan dalam sistem pendidikan pesantren, yang merupakan bagian penting dari sistem pendidikan Islam di Indonesia. Buku ini ditujukan bagi para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, khususnya yang terlibat dalam pengembangan pendidikan Islam, termasuk para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan calon pengajar. Buku ini juga memberikan wawasan tentang dampak dari upaya-upaya pembaharuan pendidikan Islam terhadap peningkatan kualitas hidup umat manusia dalam rangka membangun bangsa dan negara yang lebih baik.
Jauh sebelum masa penjajahan Belanda praktik pendidikan Islam di Indonesia sudah berlangsung lama Kehadiran pendidikan Islam terkait erat dengan proses masuknya Islam yang menurut pendapat para ahli sejarah pada umumnya sudah mulai dari sejak abad ke 13 M bahkan sejak abad ke 7 M Selain mengambil bentuk yang paling sederhana seperti pengajian di rumah rumah guru surau langgar dan masjid pendidikan Islam juga mengambil bentuk sistem pesantren madrasah sekolah Islam hingga perguruan tinggi Melalui berbagai sistem dan lembaga pendidikan Islam tersebut selain telah ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa memberantas kebodohan dan keterbelakangan pendidikan Islam juga telah ikut menghasilkan para ulama tokoh masyarakat pemimpin pada tingkat nasional bahkan internasional Kunci rahasia keberhasilan lembaga pendidikan dalam memainkan peranan keagamaan kemanusiaan kemasyarakatan dan kebangsaan yang demikian itu antara lain adalah karena selain dengan tetap mempertahankan nilai nilai ajaran yang masih baik juga karena pendidikan Islam bersikap terbuka dan mau menerima nilai nilai ajaran yang lebih baik melalui proses pembaruan Berbagai komponen pendidikan Islam kurikulum bahan ajar mutu lulusan proses belajar mengajar mutu guru sarana prasarana manajemen pengelolaan dan berbagai komponen pendidikan Islam lainnya selalu diperbarui tanpa meninggalkan prinsip prinsip universal ajaran Islam terutama dalam bidang akidah ibadah dan akhlak mulia Terkait dengan itu terdapat sejumlah tokoh pendidikan yang menaruh minat dan perhatian yang besar terhadap upaya memperbarui pendidikan Islam secara terus menerus Mereka itu antara lain Muhammad Natsir Mahmud Yunus Imam Zarkasyi Mukti Ali Munawir Sjadzali Nurcholish Madjid dan Harun Nasution Gagasan dan pemikiran mereka hingga saat ini masih dapat dijumpai dan masih banyak yang relevan untuk diaplikasikan Buku Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia yang kini berada di tangan para pembaca yang budiman hadir untuk membantu para pembaca memahami berbagai gagasan pemikiran upaya dan strategi dalam memperbarui pendidikan Islam Di tengah tengah kehidupan era global dan milenial yang penuh tantangan seperti sekarang ini kiranya dunia pendidikan Islam memerlukan spirit dan energi yang cukup untuk mengubah tantangan tersebut agar menjadi peluang Di tengah tengah situasi dan kondisi yang demikian itulah buku ini hadir menemani para penggagas inovator desainer dan praktisi pendidikan Islam Untuk itu buku ini sangat layak dan penting untuk dibaca ditelaah dan diaplikasikan Semoga
Jumlah Halaman | 368 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-422-825-5 |
eISBN | 978-623-218-075-8 |