Pemasaran Sosial pertama kali diperkenalkan tahun 1971 yaitu untuk membedakan penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk memajukan suatu perubahan sosial ide atau perilaku Setelah kata itu berkembang pengertiannya menjadi suatu teknologi manajemen perubahan sosial yang melibatkan desain implementasi dan kontrol dari program penerimaan suatu ide atau praktik sosial dalam satu kelompok atau target adopter Tak dapat dipungkiri ketika berbicara tentang perubahan sosial maka tak ada resep generik dan jitu Namun mengubah pandangan dan perilaku masyarakat bukanlah sesuatu yang tak mungkin dilakukan Ini pun bukan urusan sehari dua hari Jadi perlu waktu perlu strategi perlu ketrampilan dan tentu saja gagasan brilian untuk dijual Dalam memahami pemasaran soaial khususnya bidang kesehatan dapat dikatakan sulit karena harus bisa membedakan yang mana Social Marketing atau Commersial Marketing Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman tersebut dengan tujuan untuk melengkapi referensi mengenai social marekting atau pemasaran sosial yang dibutuhkan oleh mahasiswa akademisi praktisi dan pemangku kebijakan dalam bidang kesehatan Pemasaran Sosial pertama kali diperkenalkan tahun 1971 yaitu untuk membedakan penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk memajukan suatu perubahan sosial ide atau perilaku Setelah kata itu berkembang pengertiannya menjadi suatu teknologi manajemen perubahan sosial yang melibatkan desain implementasi dan kontrol dari program penerimaan suatu ide atau praktik sosial dalam satu kelompok ...atau target adopter Tak dapat dipungkiri ketika berbicara tentang perubahan sosial maka tak ada resep generik dan jitu Namun mengubah pandangan dan perilaku masyarakat bukanlah sesuatu yang tak mungkin dilakukan Ini pun bukan urusan sehari dua hari Jadi perlu waktu perlu strategi perlu ketrampilan dan tentu saja gagasan brilian untuk dijual Dalam memahami pemasaran soaial khususnya bidang kesehatan dapat dikatakan sulit karena harus bisa membedakan yang mana Social Marketing atau Commersial Marketing Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman tersebut dengan tujuan untuk melengkapi referensi mengenai social marekting atau pemasaran sosial yang dibutuhkan oleh mahasiswa akademisi praktisi dan pemangku kebijakan dalam bidang kesehatan