Pendidikan kedokteran tidak dapat dipisahkan dengan profesionalisme Nilai nilai profesionalisme merupakan komponen penting dalam tiap tahapannya dan perlu diterapkan oleh semua unsur yang terlibat pada proses pendidikan kedokteran termasuk peserta didik Profesionalisme telah banyak dipelajari dan ditelaah oleh banyak studi bahkan telah diterapkan dalam keseharian pelaksanaan proses pendidikan kedokteran Di sisi lain pelanggaran profesionalisme terutama yang dilakukan oleh peserta didik pada umumnya belum sepenuhnya didefinisikan dan dipahami Seringkali temuan pelanggaran profesionalisme yang dilakukan oleh peserta didik direspons kurang objektif dan gamang oleh pendidik guru serta pengelola pendidikan institusi Feedback yang diterima oleh pelanggar juga kurang objektif dan efektif Pentingnya mengidentifikasi dan mengklasifikasikan temuan pelanggaran profesionalisme peserta didik secara tepat dalam rangka memberikan feedback yang objektif dan edukatif merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi bagian dari pendidikan profesionalisme itu sendiri Untuk itulah penulis mendedikasikan buku ini untuk membuka wawasan terkait pelanggaran profesionalisme mendefinisikan dan mengklasifikasikannya berdasarkan studi literatur dalam rangka meningkatkan objektivitas feedback pelanggaran profesionalisme yang secara tidak langsung juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan nilai nilai profesionalisme kedokteran di Indonesia Pendidikan kedokteran tidak dapat dipisahkan dengan profesionalisme Nilai nilai profesionalisme merupakan komponen penting dalam tiap tahapannya dan perlu diterapkan oleh semua unsur yang terlibat pada proses pendidikan kedokteran termasuk peserta didik Profesionalisme telah banyak dipelajari dan ditelaah oleh banyak studi bahkan telah diterapkan dalam keseharian pelaksanaan proses pendidikan kedokteran Di sisi ...lain pelanggaran profesionalisme terutama yang dilakukan oleh peserta didik pada umumnya belum sepenuhnya didefinisikan dan dipahami Seringkali temuan pelanggaran profesionalisme yang dilakukan oleh peserta didik direspons kurang objektif dan gamang oleh pendidik guru serta pengelola pendidikan institusi Feedback yang diterima oleh pelanggar juga kurang objektif dan efektif Pentingnya mengidentifikasi dan mengklasifikasikan temuan pelanggaran profesionalisme peserta didik secara tepat dalam rangka memberikan feedback yang objektif dan edukatif merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi bagian dari pendidikan profesionalisme itu sendiri Untuk itulah penulis mendedikasikan buku ini untuk membuka wawasan terkait pelanggaran profesionalisme mendefinisikan dan mengklasifikasikannya berdasarkan studi literatur dalam rangka meningkatkan objektivitas feedback pelanggaran profesionalisme yang secara tidak langsung juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan nilai nilai profesionalisme kedokteran di Indonesia