Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap tentang penyelenggaraan perpustakaan sekolah yang dirancang untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pengelolaan perpustakaan dalam konteks pendidikan. Buku ini membahas berbagai aspek krusial dalam pengelolaan perpustakaan, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, dan tugas perpustakaan sekolah hingga penyusunan koleksi, pengolahan bahan pustaka, serta pelayanan yang diberikan kepada pengguna. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang peralatan dan fasilitas yang diperlukan dalam perpustakaan sekolah, seperti lemari katalog, meja sirkulasi, rak surat kabar, dan papan pengumuman, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung pembelajaran. Buku ini juga menyajikan pedoman tentang pemeliharaan perpustakaan, baik secara preventif maupun kuratif, serta menjelaskan sumber pendanaan yang diperlukan untuk menjaga kelancaran operasional perpustakaan. Dengan penyusunan yang terstruktur dan berbasis pedoman praktis, buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pengelola perpustakaan sekolah dalam membangun dan mengembangkan perpustakaan yang berfungsi optimal sebagai bagian dari kurikulum dan pembelajaran di sekolah. Penulis: Drs. Pawit M. Yusuf, M.S. dan Drs. Yaya Suhendar Tahun Terbit: 2005 ISBN: 979-3925-02-7 (Cetakan Ke-5, April 2016)
Buku ini bermaksud mengajak dan sekaligus memberikan sebuah petunjuk atau pedoman sederhana kepada segenap pembaca terutama para guru dan guru pustakawan serta para siswa sekolah yang berminat bagaimana cara membangun atau menyelenggarakan dan sekaligus mengelola perpustakaan Dengan kondisi yang pada umumnya masih sederhana dengan segala keterbatasannya maka perpustakaan sekolah yang akan dibangunnya disesuaikan dengan kondisi yang ada
Jumlah Halaman | 170 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 979-3925-02-7 |
eISBN | 978-623-218-189-2 |