Sinopsis Buku: Buku ini merupakan pedoman resmi dalam penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pendidikan khusus. Buku ini dirancang untuk memberikan panduan yang jelas dan sistematis kepada para guru pendidikan khusus dalam menentukan KKM yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Buku ini mencakup berbagai aspek penting dalam proses penetapan KKM, seperti prinsip-prinsip penetapan, langkah-langkah dalam menetapkan KKM, serta skala penilaian yang digunakan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan fungsi KKM dalam menilai tingkat keberhasilan peserta didik dan sebagai acuan dalam menentukan kelulusan. Buku ini sangat relevan bagi semua satuan pendidikan khusus, seperti SDLB, SMPLB, dan SLB, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Buku ini juga memperjelas peran KKM sebagai standar minimal yang digunakan untuk menilai ketuntasan belajar peserta didik berkebutuhan khusus.
KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun ajaran dimulai Berapapun besarnya jumlah peserta didik yang melampaui batas ketuntasan minimal tidak mengubah keputusan pendidik dalam menyatakan lulus dan tidak lulus dalam proses pembelajaran Acuan kriteria tidak diubah secara serta merta karena hasil empiric penilaian Pada acuan norma kurva normal sering digunakan untuk menetapkan ketuntasan belajar peserta didik jika diperoleh hasil rata rata kurang memuaskan Bagaimana seharusnya menerapkan konsistensi dalam Penetapan KKM Pendidikan Khusus Penulis menjabarkan dengan sangat lengkap dan detail didalam buku ini
Jumlah Halaman | 68 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2012 |
ISBN | 978-602-7635-59-3 |
eISBN | 978-602-268-417-6 |