Sinopsis Buku: Buku ini merupakan pedoman lengkap dalam pelaksanaan pendampingan teknis dan operasional untuk meningkatkan mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) di jenjang SD, SMP, dan SMA di DKI Jakarta. Pedoman ini dirancang untuk mendukung penerapan konsep “merdeka belajar” yang dianjurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai respons terhadap situasi pandemi yang memaksa pendidikan dilaksanakan secara jarak jauh. Buku ini mencakup berbagai aspek penting seperti konsep dasar pendampingan teknis dan operasional, desain pendampingan, pendanaan, peran dan tanggung jawab fasilitator, serta instrumen evaluasi untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan PJJ. Selain itu, buku ini juga menyediakan panduan lengkap untuk evaluasi dan pelaporan, sehingga memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tetap berkualitas dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Pedoman ini ditujukan untuk para guru, fasilitator, dan semua pihak terkait dalam lingkungan pendidikan di DKI Jakarta. Dengan adanya pedoman ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh, memastikan keberlanjutan pendidikan, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk tetap belajar secara efektif meskipun dalam situasi yang tidak biasa. Buku ini disusun oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dan diterbitkan pada bulan Juni 2020.
Merebaknya wabah Covid 19 mengharuskan semua sektor melakukan pembiasaan baru termasuk dalam dunia pendidikan Pemerintah berusaha memutus penyebaran virus tersebut dengan belajar bekerja dan beribadah di rumah Jargon merdeka belajar yang digaungkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi sinkron dengan situasi tersebut Pembelajaran Jarak Jauh PJJ menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk menjamin keberlangsungan hak anak untuk tetap mendapatkan pendidikan LPMP DKI Jakarta sebagai lembaga yang berfokus untuk meningkatkan mutu pendidikan di propinsi melakukan inisiatif mengadakan pendampingan untuk membumikan merdeka belajar yang dimaksud oleh Menteri pendidikan disesuaikan dengan penerapan Pembelajaran Jarak Jauh PPJ Bimbingan peningkatan mutu Pembelajaran Jarak Jauh PJJ didasarkan pada konsep kesesuaian keterpakaian dan kebermanfaatan bagi semua guru SD di wilayah DKI Jakarta Struktur program disusun sesuai dengan kebutuhan guru menghadapi situasi dan kondisi peserta didik guru serta orang tua Modul Pendampingan Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh PJJ di Sekolah Dasar ini memberikan acuan bagi fasilitator kegiatan dalam penyiapan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Pendampingan Teknis dan Pendampingan Operasional
Jumlah Halaman | 28 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-290-251-0 |
eISBN |