Implementasi kurikulum 2013 bergantung pada komptensi guru Dengan kata lain keberhasilan penerapan kurikulum baru ini sangat bergantung pada kreativitas kecakapan kesungguhan dan ketekunan guru Guru disarankan utuk mampu memilih dan menciptakan situasi situasi belajar yang menggairahkan siswa mampu memilih dan melaksanakan metode mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswa bahan pelajaran dan banyak mengaktifkan siswa guru hendaknya mampu memilih menyusun dan melaksanakan evaluasi baik untuk mengevaluasi perkembangan atau hasil belajar siswa untuk menilai efisiensi pelaksanaannya itu sendiri Buku pedoman guru ini merupakan suatu kajian pokok ruang lingkup dan implementasi Kurikulum baru 2013 Di mana pembelajaran tematik akan memberi peluang pembelajaran terpadu yang lebih menekankan pada partisipasi dan atau keterlibatan siswa dalam belajar sehingga guru perlu memahami konsep kurikulum 2013 secara komprehensif Dalam buku ini di samping memberikan pemahaman mengenai konsep kurikulum secara utuh disampaikan juga aspek ruang lingkup kurikulum 2013 aspek perkembangan belajar siswa kompetensi pendagogik profesiona dan komptensi lainnya dari guru dan aspek pendidikan lainnya dalam rangka mencapai keberhasilan penerapan Kuirkulum 2013 sebagaimana yang semua pihak harapkan Implementasi kurikulum 2013 bergantung pada komptensi guru Dengan kata lain keberhasilan penerapan kurikulum baru ini sangat bergantung pada kreativitas kecakapan kesungguhan dan ketekunan guru Guru disarankan utuk mampu memilih dan menciptakan situasi situasi belajar yang menggairahkan siswa mampu memilih dan melaksanakan metode mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswa bahan pelajaran dan ...banyak mengaktifkan siswa guru hendaknya mampu memilih menyusun dan melaksanakan evaluasi baik untuk mengevaluasi perkembangan atau hasil belajar siswa untuk menilai efisiensi pelaksanaannya itu sendiri Buku pedoman guru ini merupakan suatu kajian pokok ruang lingkup dan implementasi Kurikulum baru 2013 Di mana pembelajaran tematik akan memberi peluang pembelajaran terpadu yang lebih menekankan pada partisipasi dan atau keterlibatan siswa dalam belajar sehingga guru perlu memahami konsep kurikulum 2013 secara komprehensif Dalam buku ini di samping memberikan pemahaman mengenai konsep kurikulum secara utuh disampaikan juga aspek ruang lingkup kurikulum 2013 aspek perkembangan belajar siswa kompetensi pendagogik profesiona dan komptensi lainnya dari guru dan aspek pendidikan lainnya dalam rangka mencapai keberhasilan penerapan Kuirkulum 2013 sebagaimana yang semua pihak harapkan