Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan literasi dalam konteks revolusi industri 4.0 dan pentingnya keterampilan menulis sebagai bagian dari literasi yang diperlukan di era digital. Buku ini juga mengupas peran penting dari program sagusabu (satu guru satu buku) sebagai upaya meningkatkan minat baca dan literasi menulis di Indonesia. Dalam konteks pendidikan, buku ini menjelaskan bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan dalam pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin, yang merupakan bagian dari kurikulum SMK. Penerapan PBL diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan holistik, serta memastikan peserta didik mampu menyelesaikan masalah secara mandiri sesuai tahapan penyelesaian soal. Buku ini juga menyoroti kelemahan dalam pendekatan pembelajaran yang terlalu berbasis guru dan kurangnya pemanfaatan paradigma pembelajaran yang inovatif seperti quantum learning. Dengan demikian, buku ini menjadi panduan praktis bagi guru dan penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing sumber daya manusia di tengah persaingan global.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan literasi dalam konteks revolusi industri 4.0 dan pentingnya keterampilan menulis sebagai bagian dari literasi yang diperlukan di era digital. Buku ini juga mengupas peran penting dari program sagusabu (satu guru satu buku) sebagai upaya meningkatkan minat baca dan literasi menulis di Indonesia. Dalam konteks pendidikan, buku ini menjelaskan bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan dalam pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin, yang merupakan bagian dari kurikulum SMK. Penerapan PBL diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan holistik, serta memastikan peserta didik mampu menyelesaikan masalah secara mandiri sesuai tahapan penyelesaian soal. Buku ini juga menyoroti kelemahan dalam pendekatan pembelajaran yang terlalu berbasis guru dan kurangnya pemanfaatan paradigma pembelajaran yang inovatif seperti quantum learning. Dengan demikian, buku ini menjadi panduan praktis bagi guru dan penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing sumber daya manusia di tengah persaingan global.
Jumlah Halaman | 68 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-215-052-2 |
eISBN |