Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas berjudul *“Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Sumberlawang Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2018 / 2019”*. Buku ini ditulis oleh Sri Rumini, S.Pd, dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi para guru dalam melakukan inovasi pembelajaran di kelas, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini membahas secara mendalam tentang hakekat ilmu pengetahuan sosial (IPS), teori belajar, serta peran media gambar dalam proses pembelajaran. Di dalamnya juga dijelaskan mengenai konsep motivasi belajar, hasil belajar, serta model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning / PBL). Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena sifatnya yang teoritis, namun sebenarnya sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, buku ini menawarkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan media gambar, sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan karakteristik, keunggulan, dan kelemahan model PBL, serta sintaks pembelajaran berbasis masalah. Penulis menekankan pentingnya pengembangan keprofesian guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP.
Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Sumberlawang Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2018 2019 yang dilakukan oleh penulis Dalam buku ini diuraikan secara luas mengenai hakekat ilmu pengetahuan sosial IPS teori belajar dan media gambar Diuraikan pula mengenai motivasi belajar dan hasil belajar serta pembelajaran berdasarkan masalah problem based learning Dan yang terpenting pada buku ini diuraikan mengenai penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media gambar dalam pembelajaran IPS di SMP Buku ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembaca khususnya guru dalam melaksanakan inovasi dalam pembelajaran di kelas
Jumlah Halaman | 111 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-50-1 |
eISBN |