Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang patologi sosial, remaja, serta peran pendidikan Islam keluarga dalam mencegah dan mengatasi masalah kenakalan remaja. Penulis menjelaskan bahwa patologi sosial adalah studi tentang gejala-gejala sosial yang dianggap "sakit" akibat faktor-faktor sosial. Dalam konteks remaja, masalah kenakalan sering terjadi karena adanya faktor internal seperti krisis identitas dan kontrol diri yang lemah, serta faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan, perlakuan orang tua yang tidak baik, dan kondisi sosial ekonomi yang tidak seimbang. Buku ini juga menyajikan konsep dasar pendidikan Islam, pendidikan keluarga dalam Islam, serta metode pendidikan yang efektif untuk mengembangkan nilai-nilai agama, moral, dan etika pada remaja. Penulis menekankan pentingnya peran keluarga sebagai pengawas dan pengarah dalam membentuk karakter remaja yang sehat dan berakhlak. Selain itu, buku ini juga membahas cara respons remaja terhadap pendidikan Islam dan sikap masyarakat terhadap anak remaja yang terlibat dalam patologi sosial. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi pemerintah, partai politik, mahasiswa, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpolitikan di tingkat daerah, sebagai pondasi kehidupan demokrasi di Indonesia. Buku ini juga membuka diri terhadap kritik dan saran untuk terus dikembangkan agar lebih sempurna dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan remaja yang sehat secara sosial dan spiritual.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang patologi sosial, remaja, serta peran pendidikan Islam keluarga dalam mencegah dan mengatasi masalah kenakalan remaja. Penulis menjelaskan bahwa patologi sosial adalah studi tentang gejala-gejala sosial yang dianggap \"sakit\" akibat faktor-faktor sosial. Dalam konteks remaja, masalah kenakalan sering terjadi karena adanya faktor internal seperti krisis identitas dan kontrol diri yang lemah, serta faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan, perlakuan orang tua yang tidak baik, dan kondisi sosial ekonomi yang tidak seimbang. Buku ini juga menyajikan konsep dasar pendidikan Islam, pendidikan keluarga dalam Islam, serta metode pendidikan yang efektif untuk mengembangkan nilai-nilai agama, moral, dan etika pada remaja. Penulis menekankan pentingnya peran keluarga sebagai pengawas dan pengarah dalam membentuk karakter remaja yang sehat dan berakhlak. Selain itu, buku ini juga membahas cara respons remaja terhadap pendidikan Islam dan sikap masyarakat terhadap anak remaja yang terlibat dalam patologi sosial. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi pemerintah, partai politik, mahasiswa, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpolitikan di tingkat daerah, sebagai pondasi kehidupan demokrasi di Indonesia. Buku ini juga membuka diri terhadap kritik dan saran untuk terus dikembangkan agar lebih sempurna dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan remaja yang sehat secara sosial dan spiritual.
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Scopindo Media Pustaka |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-92451-0-8 |
eISBN | 978-623-92451-1-5 |