Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan peran paradigma dalam teori komunikasi serta paradigma penelitian komunikasi. Buku ini menjelaskan bahwa paradigma merupakan kerangka berpikir yang menuntun cara pandang dan pendekatan dalam melakukan penelitian ilmu komunikasi. Dalam buku ini, penulis menguraikan empat paradigma utama dalam ilmu komunikasi, yaitu Positivisme, Post-Positivisme, Konstruktivisme, dan Kritis. Masing-masing paradigma memiliki pendekatan dan perspektif yang berbeda dalam memahami proses komunikasi dan memandu penelitian ilmu komunikasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa penelitian ilmu komunikasi merupakan upaya untuk memperkaya dan memperluas struktur ilmu pengetahuan, serta harus memenuhi empat syarat utama sebagai ilmu, yaitu objektif, metodis, sistematis, dan universal. Buku ini juga membahas wacana intelektual terhadap paradigma penelitian komunikasi, di mana pendapat dan pemikiran para intelektual serta pakar di bidangnya dikumpulkan dan dianalisis untuk memahami plus-minus paradigma penelitian komunikasi. Buku ini sangat relevan bagi para peneliti, mahasiswa, dan akademisi yang tertarik dalam memahami konsep dan pendekatan penelitian dalam ilmu komunikasi. Dengan memahami paradigma penelitian, peneliti dapat memilih pendekatan yang tepat untuk memperoleh hasil yang valid dan dapat diandalkan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan peran paradigma dalam teori komunikasi serta paradigma penelitian komunikasi. Buku ini menjelaskan bahwa paradigma merupakan kerangka berpikir yang menuntun cara pandang dan pendekatan dalam melakukan penelitian ilmu komunikasi. Dalam buku ini, penulis menguraikan empat paradigma utama dalam ilmu komunikasi, yaitu Positivisme, Post-Positivisme, Konstruktivisme, dan Kritis. Masing-masing paradigma memiliki pendekatan dan perspektif yang berbeda dalam memahami proses komunikasi dan memandu penelitian ilmu komunikasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa penelitian ilmu komunikasi merupakan upaya untuk memperkaya dan memperluas struktur ilmu pengetahuan, serta harus memenuhi empat syarat utama sebagai ilmu, yaitu objektif, metodis, sistematis, dan universal. Buku ini juga membahas wacana intelektual terhadap paradigma penelitian komunikasi, di mana pendapat dan pemikiran para intelektual serta pakar di bidangnya dikumpulkan dan dianalisis untuk memahami plus-minus paradigma penelitian komunikasi. Buku ini sangat relevan bagi para peneliti, mahasiswa, dan akademisi yang tertarik dalam memahami konsep dan pendekatan penelitian dalam ilmu komunikasi. Dengan memahami paradigma penelitian, peneliti dapat memilih pendekatan yang tepat untuk memperoleh hasil yang valid dan dapat diandalkan.
Jumlah Halaman | 102 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-639-724-9 |
eISBN |