banner bacabuku
Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)

Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)

Ulin Nuha, M.Ag.
Ebook

Sinopsis

Pendidikan Islam yang merupakan salah satu aspek yang sangat strategis dalam pembinaan suatu masyarakat memerlukan landasan filosofis yang mapan Landasan filosofis tersebut diorientasikan pada peserta didik sebagai manusia yang utuh Makhluk yang memiliki potensi yang tidak dimiliki olah makhluk lain yaitu akal dan hati Sehingga dengan landasan filosofis tersebut tujuan ideal pendidikan Islam dalam membentuk insan kamil berdasarkan Al Quran dan Hadits dapat terwujud Ibnu Khaldun sebagai salah satu pemikir muslim yang mempunyai pandangan tentang epistemologi yang bersifat rasionalistik empiristik dan wahyu cukup relevan untuk dijadikan landasan filosofis dalam rangka pengcmbangan pendidikan Islam Relevansi epistemologinya adalah pada fungsionalisasi akal dan landasan etika dan moral yang berdasarkan Al Quran dan Hadits dalam rangka mengendalikan pengaruh epistemologi Barat yang sekuler Prof Dr Imam Kanafi M Ag Guru Besar Ilmu Tasawuf IAIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

Tags:

Detail Buku

Jumlah Halaman 130
Kategori Pendidikan
Penerbit Penerbit Adab
Tahun Terbit 2024
ISBN 978-623-8718-62-7
eISBN 978-623-8718-63-4
Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)

Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)

Ulin Nuha, M.Ag.