Sinopsis Buku: Buku ini membahas paradigma pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an dan mengembangkannya dalam kerangka humanisme spiritual teologis. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada aspek spiritual, teologis, dan sosial. Dalam pendekatan ini, manusia dianggap sebagai makhluk yang memiliki tujuan utama untuk mengabdi kepada Allah Swt., dan segala aktivitas dalam kehidupan manusia merupakan bentuk pengabdian yang bernuansa spiritual. Selain itu, buku ini juga membahas konsep manusia sebagai Al-Insan, an-Naas, dan Al-Basyar, yang masing-masing menggambarkan aspek keberagaman, kemanusiaan, dan sosial dari manusia dalam konteks pendidikan Islam. Penulis menekankan pentingnya pendidikan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara ekonomi maupun intelektual, yang mampu berkontribusi dalam kemajuan bangsa dan dunia. Buku ini juga menyoroti pentingnya inovasi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing bangsa Indonesia di tingkat regional maupun internasional. Dengan pendekatan yang berlandaskan budaya bangsa dan nilai-nilai Islam, buku ini menjadi referensi yang relevan bagi para praktisi pendidikan, peneliti, dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan Islam. Dengan konsep yang komprehensif dan aplikatif, buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan arah baru dalam pengembangan pendidikan Islam di masa depan.
Dalam konteks paradigma pendidikan Islam fokus pembelajaran tidak hanya pada aspek intelektual akan tetapi pada aspek spiritual dan teologis Pilar spiritual dan teologis ialah manusia dapat terdidik untuk menghayati dirinya sebagai makhluk Allah yang kehadirannya untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah Swt Segala aktivitas yang dilakukan manusia selamanya bernuansa pengabdian baik sebagai lakon ekonomi politik profesional dan lain sebagainya
Jumlah Halaman | 126 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7743-49-1 |
eISBN | proses |