Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *Manajemen Pendidikan Islam*, sebuah ilmu yang baru saja lahir dan masih dalam proses pengembangan. Penulis menjelaskan bahwa ilmu ini memiliki konstruksi konseptual dan teoretis yang masih rapuh, terutama karena kekurangan gagasan manajerial, kurangnya kreativitas pemikiran, dan kecenderungan meniru pemikiran dari Barat tanpa kritik. Buku ini berupaya untuk memperkaya khazanah ilmu manajemen pendidikan Islam dengan menawarkan perspektif yang lebih kritis, kreatif, dan berakar pada nilai-nilai Islam. Penulis menekankan pentingnya *ijtihad intelektual* dalam mengembangkan pemikiran manajerial Islam, yaitu dengan menggali pesan wahyu dan realitas pertumbuhan lembaga pendidikan Islam secara serius. Selain itu, buku ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di tengah perubahan zaman dan persaingan global, serta bagaimana paradigma perubahan menjadi kunci dalam menghadapinya. Sebagai pengetahuan sains, buku ini menekankan keharusan memenuhi syarat rasional-empiris, yaitu teori yang bisa diterima secara akal sehat dan dapat dibuktikan secara empirik. Sebagai pengetahuan keislaman, buku ini memastikan bahwa tawaran konseptual dan teoretisnya mencerminkan nilai-nilai ajaran Islam berdasarkan Al-Qur’an dan hadits Nabi. Buku ini berharap menjadi bahan referensi bagi para penulis, peneliti, dan pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan Islam, serta memberikan kontribusi dalam memajukan dan mengembangkan manajemen pendidikan Islam secara lebih mandiri dan berakar pada nilai-nilai Islam.
Dalam buku ini penulis menawarkan empat paradigma manajemen pendidikan Islam yaitu paradigma tauhid paradigma integralistik paradigma transformatif dan paradigma pengembangan Masing masing paradigma akan dijelaskan secara mendasar dari sisi pelaku implemetasi waktu implementasi wilayah implementasi strategi implementasi alasan penting implementasi bahkan tujuan implementasi Buku ini menjadi asupan gagasan yang segar bagi mahasiswa dan pengajar di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia pun bagi pimpinan sekolah yang berbasis keagamaan
Jumlah Halaman | 257 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-0899-88-6 |
eISBN | proses |