Sinopsis Buku: Buku *Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran* merupakan karya yang mengupas secara mendalam berbagai aspek penting dalam ranah pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran modern. Buku ini disusun oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. dan Dr. Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I., serta diedit oleh Fariza YM, dengan tujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif dan relevan terhadap perkembangan pendidikan di era yang semakin kompleks dan teknologi semakin berkembang. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama yang saling terkait, di antaranya: - Paradigma Umum Pembelajaran, yang membahas konsep dasar belajar, paradigma mengajar dan pembelajaran, serta tujuan dan tahapan pembelajaran. - Teori Pembelajaran di Era Modern, yang menjelaskan berbagai teori belajar yang relevan, seperti teori perkembangan kognitif Jean Piaget, teori belajar van Glasersfeld, Bruner, Ausubel, John Dewey, dan Vygotsky. - Pendekatan Pembelajaran, yang menyoroti berbagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, seperti pendekatan problem solving, pendekatan outbound, dan pendekatan meaningful instructional design (MID). - Metode Pembelajaran, yang menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, seperti metode ceramah, diskusi, simulasi, tugas dan resitasi, tanya jawab, kerja kelompok, serta metode lainnya. - Media Pembelajaran, yang membahas konsep dasar media pembelajaran, prosedur pemilihan media, dan karakteristik media pembelajaran yang efektif. - Evaluasi Pembelajaran, yang meskipun tidak terlihat secara eksplisit dalam konteks yang diberikan, namun dapat diinferensikan sebagai bagian penting dari sistem pembelajaran yang diberikan dalam buku ini. Buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan pelaku pendidikan lainnya, baik di tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Buku ini juga memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana pembelajaran dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan dan perubahan di era modern, dengan memadukan teori, metode, model, media, dan evaluasi pembelajaran secara terpadu.
Sinopsis Buku: Buku *Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran* merupakan karya yang mengupas secara mendalam berbagai aspek penting dalam ranah pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran modern. Buku ini disusun oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. dan Dr. Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I., serta diedit oleh Fariza YM, dengan tujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif dan relevan terhadap perkembangan pendidikan di era yang semakin kompleks dan teknologi semakin berkembang. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama yang saling terkait, di antaranya: - Paradigma Umum Pembelajaran, yang membahas konsep dasar belajar, paradigma mengajar dan pembelajaran, serta tujuan dan tahapan pembelajaran. - Teori Pembelajaran di Era Modern, yang menjelaskan berbagai teori belajar yang relevan, seperti teori perkembangan kognitif Jean Piaget, teori belajar van Glasersfeld, Bruner, Ausubel, John Dewey, dan Vygotsky. - Pendekatan Pembelajaran, yang menyoroti berbagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, seperti pendekatan problem solving, pendekatan outbound, dan pendekatan meaningful instructional design (MID). - Metode Pembelajaran, yang menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, seperti metode ceramah, diskusi, simulasi, tugas dan resitasi, tanya jawab, kerja kelompok, serta metode lainnya. - Media Pembelajaran, yang membahas konsep dasar media pembelajaran, prosedur pemilihan media, dan karakteristik media pembelajaran yang efektif. - Evaluasi Pembelajaran, yang meskipun tidak terlihat secara eksplisit dalam konteks yang diberikan, namun dapat diinferensikan sebagai bagian penting dari sistem pembelajaran yang diberikan dalam buku ini. Buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan pelaku pendidikan lainnya, baik di tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Buku ini juga memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana pembelajaran dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan dan perubahan di era modern, dengan memadukan teori, metode, model, media, dan evaluasi pembelajaran secara terpadu.
Jumlah Halaman | 440 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-313-265-2 |
eISBN | 978-602-313-359-8 |