Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan paradigma baru dalam pemikiran pendidikan Islam dari perspektif filosofis. Dalam rangka mengatasi dampak negatif dari pemisahan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, buku ini berusaha menyatukan kedua aspek tersebut dalam satu kerangka yang lebih integral dan substantif. Penulis menggali konsep-konsep filsafat, Islam, dan manusia secara mendalam, untuk menunjukkan bagaimana pendidikan Islam dapat menjadi sarana pemenuhan tujuan transenden manusia sekaligus pengembangan kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Buku ini juga mencerminkan upaya untuk mengembangkan pendidikan Islam yang tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga relevan dengan realitas sosial dan politik yang kompleks. Penulis menyoroti pergeseran makna dan arah pemikiran pendidikan Islam sejak era kolonialisme dan imperialisme, yang berdampak pada dekomposisi nilai-nilai agama dalam dunia pendidikan. Melalui kritik filsafat terhadap pendidikan Islam, buku ini berupaya membangun pendekatan baru yang radikal, bebas, dan insyaf, sebagai jawaban atas tantangan yang dihadapi oleh pendidikan Islam dalam konteks modern. Buku ini merupakan hasil karya bersama antara Prof. Dr. H. Sunardji Dahri Tiam, M.Pd. dan Drs. H. Zainol Hasan, MA, yang telah disusun berdasarkan tesis, tulisan-tulisan ilmiah, dan diskusi ilmiah yang telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal dan pertemuan akademik. Dengan menggabungkan pemikiran filosofis dan pendekatan kontekstual, buku ini diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi para mahasiswa, akademisi, dan pembaca yang tertarik pada studi pendidikan Islam.
Kesadaran akan perlunya integrasi keilmuan di kalangan kita sudah sangat terasa Tapi prakteknya masih beragam dan masih belum menemukan bentuknya yang idial Ada yang memberi label Islam kepada sejumlah ilmu yang selama ini dianggap bukan rumpun ilmu agama Tapi anehnya masih banyak juga ilmu ilmu umum yang tidak diberi label Islam Ada yang hanya menyandingkan dalam satu lembaga institusi yayasan dan pondok pesantren Ada yang nampaknya menyatukan tapi pada dasarnya masih terpisah Buku ini menawarkan bentuk integrasi hakiki yang betul betul menyatu yang tidak perlu lagi ilmu ilmu itu diberi label Islam karena sudah otomatis Atau diberi label Islam semuanya tanpa kecuali untuk membedakan dengan yang sekuler
Jumlah Halaman | 220 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Edulitera |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6634-34-9 |
eISBN | proses |