Logo Bacabuku
Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam edisi kedua

Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam edisi kedua

Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas paradigma baru dalam filsafat pendidikan Islam, dengan fokus pada konsep tarbiyah Islamiyah sebagai pendekatan utama dalam pengembangan potensi manusia sebagai khalifah Allah di bumi. Dalam konteks ini, pendidikan dianggap sebagai proses pengembangan diri secara bertanggung jawab, yang bertujuan membentuk manusia menjadi individu yang sadar akan nilai-nilai kehidupan yang islami, sejahtera, dan diridhai oleh Allah. Buku ini menjelaskan bahwa manusia memiliki potensi bawaan (fitrah) yang harus dikembangkan melalui pendidikan, baik dalam keluarga, pesantren, madrasah, maupun masyarakat. Pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang pemahaman diri, hubungan dengan alam, lingkungan, dan masyarakat, serta bagaimana menjawab tantangan-tantangan kehidupan secara ilmiah dan spiritual. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai dimensi kehidupan manusia, termasuk dimensi biologis, psikologis, individual, sosial, materialistik, dan spiritualistik. Dalam pendekatan filsafat pendidikan Islam, manusia disebut sebagai *homo educandum*—makhluk yang memerlukan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang telah dianugerahkan oleh Allah. Buku ini terdiri dari lima belas bab yang menjelaskan berbagai aspek filsafat pendidikan Islam, termasuk pentingnya filsafat dalam kehidupan umat manusia, pembangunan wawasan filsafat Islam, dan penerapan dalam berbagai lingkungan pendidikan. Buku ini merupakan referensi penting bagi para pemikir, pendidik, dan calon pendidik yang ingin memahami konsep pendidikan Islam secara mendalam dan holistik. Kata Penulis: Buku ini ditulis dengan harapan dapat menjadi panduan bagi setiap individu untuk memahami makna pendidikan dalam konteks kehidupan yang islami, serta memberikan wawasan tentang bagaimana manusia dapat mengembangkan diri secara bertanggung jawab dan sesuai dengan fitrahnya sebagai khalifah Allah di bumi.

Sinopsis ebook

Buku ini dimaksudkan untuk membantu mempermudah mahasiswa memahami konsep maupun teori pendidikan Islam dalam perspektif filosofis Buku ajar textbook ini disusun sesuai dengan silabus matakuliah filsafat pendidikan Islam sehingga sangat membantu mahasiswa dalam hal kesulitan mencari bahan referensi dan buku buku filsafat pendidikan Islam mengingat buku buku filsafat pendidikan Islam masih sangat terbatas Pembelajaran perkuliahan filsafat pendidikan Islam adalah suatu keharusan bagi mahasiswa calon guru di lembaga pendidikan Islam dan calon pengelola pendidikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam UIN IAIN STAIN PTAIS dan FAI PTU Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan seperangkat konsep maupun teori filsafat dan filsafat Islam tentang pendidikan sehingga mahasiswa akan mampu menganalisis dan mengkritisi pendidikan Islam khususnya dan pendidikan pada umumnya baik pada tataran teoretis maupun praktik Dengan demikian para mahasiswa mampu mewujudkan pendidikan Islam yang lebih baik demi kemajuan pendidikan nasional kurikulum dan sistem pendidikan di tengah arus gelombang globalisasi dan Revolusi Industri 4 0 The Fourth Industrial Revolution 4IR Era milenium ini dunia ditandai dengan dua perubahan besar the great shifting dalam peradaban umat manusia sebagai satu keniscayaan sejarah yang tidak bisa dihindari yakni Globalisasi dan Revolusi Industri 4 0 Arus gelombang dahsyat ini jika tidak diantisipasi secara baik akan menjadi tsunami yang akan mengancam sistem dan eksistensi Pendidikan Islam

Detail Buku

Jumlah Halaman 438
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-422-879-8
eISBN 978-602-422-793-7
Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam edisi kedua

Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam edisi kedua

Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag.