Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan praktis dan komprehensif tentang cara menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sesuai dengan standar dan kriteria yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 16 Tahun 2009. Buku ini ditujukan bagi para guru yang ingin mengembangkan profesionalitasnya melalui kegiatan penelitian tindakan kelas sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan. Buku ini menjelaskan secara rinci struktur dan komponen utama laporan PTK, termasuk Bab Pendahuluan, Bab Kajian Teori, Bab Metode Penelitian, Bab Hasil dan Diskusi, serta Bab Simpulan dan Saran. Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan mengenai pentingnya lampiran sebagai bagian yang mendukung keaslian dan kevalidan penelitian, seperti instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja siswa, foto-foto kegiatan, surat izin penelitian, dan dokumen pelaksanaan penelitian lainnya. Buku ini juga membahas alasan penolakan laporan PTK sebagai angka kredit, serta memberikan saran untuk memperbaikinya agar memenuhi kriteria yang ditetapkan. Selain itu, buku ini menjelaskan bahwa PTK adalah penelitian berbasis inkuiri yang dilakukan oleh guru dalam rangka menganalisis praktik pembelajaran, menerapkan strategi baru, dan mengevaluasi hasil belajar siswa dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh pertanyaan refleksi yang dapat digunakan oleh guru dalam upaya pengembangan profesi, serta menjelaskan bahwa refleksi merupakan bagian penting dalam siklus penelitian tindakan kelas sebagai bentuk kegiatan pengembangan diri yang berkelanjutan. Dengan bimbingan buku ini, para guru dapat memahami dan menerapkan penelitian tindakan kelas secara efektif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan refleksi diri, meningkatkan mutu pembelajaran, dan menumbuhkan budaya profesional di kalangan pendidik.
Buku ini ditulis untuk membantu guru kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam merancang melakukan dan melaporkan penelitian tindakan untuk keperluan Peningkatan Keprofesionalan Berkelanjutan PKB Buku ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa program
Jumlah Halaman | 329 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-446-448-6 |
eISBN | 978-602-446-476-9 |