Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis yang dirancang untuk membantu pendidik dalam memahami dan menerapkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang dimensi proses berpikir, yaitu LOTS (Low Order Thinking Skills), MOTS (Middle Order Thinking Skills), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills), serta peran dan penyusunan soal HOTS dalam pembelajaran IPA. Selanjutnya, buku ini menjelaskan penerapan level kognitif soal HOTS dalam pembelajaran IPA, yang meliputi aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, serta bagaimana mengintegrasikan ranah psikomotor dalam soal-soal HOTS. Terakhir, buku ini juga membahas aspek penilaian HOTS, termasuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, serta memberikan panduan praktis dalam mengembangkan dan menerapkan soal-soal HOTS yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di tingkat SD/MI. Buku ini sangat relevan bagi guru dan pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan HOTS, sehingga mampu membekali siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sesuai dengan tuntutan abad 21.
Kegiatan pembelajaran IPA di sekolah dasar cenderung mengajak siswa untuk mencari tahu mempelajari dan menemukan fakta atau konsep baru Oleh karena itu siswa dituntut untuk mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang diberik
Jumlah Halaman | 60 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | PT Jepe Press Media Utama |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-214-061-5 |
eISBN | 978-623-214-284-8 |