Sinopsis Buku: Buku ini dirancang sebagai panduan praktis bagi para guru dalam memahami dan menerapkan *Higher Order Thinking Skills (HOTS)* dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Dalam konteks Kurikulum 2013, buku ini menjelaskan konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif peserta didik. Buku ini terdiri dari dua bab utama. Bab pertama membahas tingkat kemampuan berpikir, yaitu LOTS (Low Order Thinking Skills), MOTS (Middle Order Thinking Skills), dan HOTS (High Order Thinking Skills). Bab kedua menjelaskan peran dan penyusunan HOTS dalam pembelajaran, termasuk analisis kompetensi dasar, penyusunan kisi-kisi dan butir soal, serta pedoman penskoran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan latar belakang pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs, mengingat dampak globalisasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya HOTS, diharapkan peserta didik dapat berkembang secara kompetensi global, baik dalam komunikasi lisan maupun tulis, serta mampu mengembangkan karakter yang sesuai dengan era abad ke-21. Buku ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan mengintegrasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bagian dari Kurikulum 2013. Buku ini juga membuka ruang bagi masukan dan kritik dari berbagai pihak untuk terus meningkatkan kualitasnya.
Sama seperti mata pelajaran yang lain pada umumnya pembelajaran Bahasa Inggris pun dituntut untuk dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi Empat jenis kecakapan yang mencakup keterampilan berbicara speaking mendenga
Jumlah Halaman | 77 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | PT Jepe Press Media Utama |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-214-058-5 |
eISBN | 978-623-214-286-2 |