Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis yang dirancang untuk membantu guru dalam memahami dan menerapkan konsep *Higher Order Thinking Skills (HOTS)* dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Buku ini membahas dimensi proses berpikir, yaitu *LOTS* (Low Order Thinking Skills), *MOTS* (Middle Order Thinking Skills), dan *HOTS* (High Order Thinking Skills), serta menjelaskan peran dan penyusunan soal-soal HOTS yang sesuai dengan tingkat kemampuan kognitif peserta didik. Dalam bab III, buku ini menyoroti penerapan HOTS dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, baik pada tingkat kognitif soal untuk kelas rendah maupun kelas tinggi, serta menjelaskan ranah psikomotor yang relevan dengan masing-masing tingkat kelas. Buku ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan proses berpikir peserta didik, serta memberikan arahan praktis bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih efektif dan kreatif. Dengan pendekatan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi guru, pelatih, dan semua pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SD/MI.
Pembelajaran bahasa Indonesia seringkali menampilkan sebuah teks atau rekaan cerita yang mengajak siswa menguasai keterampilan berbahasa Keterampilan berbahasa antara lain berbicara membaca menulis dan menyimak Keterampilan tersebut akan berkembang d
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | PT Jepe Press Media Utama |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-214-060-8 |
eISBN | 978-623-214-283-1 |