Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam konteks madrasah dan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai karakter. Buku ini terdiri dari lima bab yang saling terkait dan menyajikan informasi yang relevan bagi para pelaku pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Bab pertama membahas tentang pengembangan layanan khusus bagi siswa cerdas istimewa (CI) dan bakat istimewa (BI) di madrasah. Bab ini menjelaskan landasan hukum, tujuan, serta perkembangan layanan CIBI di Indonesia, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang memiliki potensi unik. Bab kedua membahas peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi kenakalan remaja. Dalam bab ini dijelaskan bagaimana PAI dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter peserta didik, mencegah tindakan kenakalan, dan memberikan arahan moral yang kuat. Bab ketiga mengupas tentang integrasi antara IMTAQ (iman dan taqwa) dengan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) dalam pembelajaran. Bab ini menjelaskan konsep IMTAQ dan IPTEK, serta tantangan dalam mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran agar tidak terjadi konflik antara nilai-nilai keagamaan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Bab keempat berfokus pada pendidikan Islam anti kekerasan. Bab ini menjelaskan konsep pendidikan Islam yang berorientasi pada penghapusan kekerasan, baik dalam bentuk fisik maupun verbal, serta bagaimana pendidikan ini dapat menjadi solusi untuk mencegah kenakalan dan membangun lingkungan belajar yang aman dan sehat. Bab kelima menutup buku dengan membahas kurikulum berbasis karakter, yang bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi individu yang memiliki nilai-nilai moral, tanggung jawab sosial, dan kecakapan hidup yang baik. Buku ini merupakan upaya untuk memberikan pedoman yang relevan dan fleksibel dalam menciptakan proses pendidikan yang lebih sempurna, sejalan dengan visi pendidikan yang ingin menghasilkan manusia yang lebih baik di masa depan.
Proses pendidikan membutuhkan kesiapan semua pihak lembaga pendidikan terutama pihak internal lembaga pendidikan untuk dapat memberikan pelayanan yang relevan dengan kondisi peserta didiknya Layanan khusus perlu disediakan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus kenakalan remaja perlu dihadapi dengan strategi pembinaan yang tepat dikotomi ilmu agama dan umum perlu diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga tidak muncul pemahaman yang terpisah antara keduanya kekerasan dalam pendidikan perlu dikendalikan sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam begitupun kurikulum pendidikan pada lembaga pendidikan perlu diarahkan dan diatur agar dapat menumbuhkan karakter karakter yang baik pada peserta didik Buku ini sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi para guru dan para pimpinan lembaga pendidikan dalam rangka memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholdersnya yang beranekaragam kebutuhannya agar tetap mendapatkan layanan pendidikan yang berorientasi menjadi manusia yang lebih baik di masanya yang akan datang Namun di samping hal tersebut buku ini masih sangat membutuhkan masukan masukan dari para pakar agar selanjutnya dapat menjadi pedoman yang relevan dan fleksibel untuk menciptakan proses pendidikan yang lebih sempurna Anak Cerdas Istimewa CI dan Bakat Istimewa BI berarti anak yang terkategori dengan pengukuran tertentu memiliki tingkat kecerdasan di atas rata rata dan bakat di atas rata rata pula dari teman temannya Dan mereka difasilitasi dalam kelas dengan sebutan kelas akselerasi Sebelum mengetahui pengertian program akselerasi perlu diketahui makna dari accelerated learning yang merupakan prinsip prinsip dasar yang digunakan dalam pelaksanaan program akselerasi Akselerasi berasal dari Bahasa Inggris acceleration yang berarti proses mempercepat peningkatan kecepatan percepatan laju perubahan kecepatan 5 Colangelo dalam Hawadi memaparkan bahwa istilah akselerasi menunjuk pada pelayanan yang diberikan service delivery dan kurikulum yang disampaikan curriculum delivery Tujuan mendidik anak supernormal tidak boleh menyimpang dari tujuan pendidikan bagi anak normal
Jumlah Halaman | 107 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-453-259-8 |
eISBN |