OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas

OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas

MOH ZAIFUL ROSYID; ROFIQI; SITI YUMNAH

Telah di baca oleh 0 pemustaka, dengan total durasi baca 00:00:00

Deskripsi Buku

BAB I KONSEP DAN TEORI OUTDOOR LEARNING A Definisi Outdoor Learning Dunia pendidikan dewasa ini memiliki tugas yang sangat berat terutama dalam aspek guru atau pendidik Paradigma yang dibangun seorang guru adalah bahwa mengajar itu harus dilakukan di dalam ruang kelas Belajar itu sambil duduk manis guru menerangkan dan anak didik mendengarkan dengan saksama Belajar yang dilakukan dengan hanya memberikan tugas dan anak didik mengerjakannya Guru mempunyai metode sendiri dalam pembelajaran Dengan paradigma semacam itu akan berakibat pada keberadaan anak anak di dalam kelas jelas mereka terkadang terkadang jenuh merasa bosan dengan lingkungan yang dianggap biasa saja tanpa adanya perubahan Oleh sebab itu Cobalah ajak mereka ke luar kelas bermain di taman atau kebun binatang misalnya Bermain di sekitar pantai pegunungan dan lain sebagainya Pembelajaran di luar kelas outdoor learning merupakan upaya untuk mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas yang dapat membawa mereka mengamati lingkungan sekitar sesuai dengan materi yang diajarkan Sehingga pendidikan di luar kelas lebih mengarah terhadap pengalaman dan pendidikan lingkungan yang sangat berpengaruh pada kecerdasan siswa Sejalan dengan pemikiran Smith dalam Sumarmi yang menyatakan bahwa studi lapangan mempunyai kekuatan untuk mengaplikasikan ide secara umum yang ada di kelas ke dalam dunia nyata 1 Menurut Komarudin dalam Husamah menyatakan bahwa outdoor learning merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas sekolah dan di alam bebas lainnya seperti bermain di lingkungan sekolah taman perkampungan pertanian nelayan berkemah dan kegiatan yang bersifat kepetualangan serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan 2 Outdoor learning dikenal juga dengan berbagai istilah lain seperti outdoor activities outdoor study pembelajaran lapangan atau Belajar di Luar Kelas 1BAB I KONSEP DAN TEORI OUTDOOR LEARNING A Definisi Outdoor Learning Dunia pendidikan dewasa ini memiliki tugas yang sangat berat terutama dalam aspek guru atau pendidik Paradigma yang dibangun seorang guru adalah bahwa mengajar itu harus dilakukan di dalam ruang kelas Belajar itu sambil duduk manis guru menerangkan dan anak didik ...

Style

MLA Style
ROSYID, MOH ZAIFUL, ROFIQI dan SITI YUMNAH. OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara, 2019. Online.
Chicago Style
ROSYID, MOH ZAIFUL, ROFIQI dan SITI YUMNAH. OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
Turabian Style
ROSYID, MOH ZAIFUL, ROFIQI dan SITI YUMNAH. OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
APA Style
ROSYID, MOH ZAIFUL, ROFIQI dan SITI YUMNAH. (2019). OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara.
Harvard Style
ROSYID, MOH ZAIFUL, ROFIQI dan SITI YUMNAH, 2019, OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas, Literasi Nusantara, Malang.
IEEE Style
MOH ZAIFUL ROSYID, ROFIQI dan SITI YUMNAH. OUTDOOR LEARNING Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Detail Buku

Jumlah Halaman
155
Kategori
Sub Kategori
Tahun Terbit
ISBN
978-623-7125-68-6
eISBN
proses

Buku Rekomendasi

Lihat Semua