Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan praktik pengelolaan sekolah yang efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam bab pertama, buku ini memberikan latar belakang tentang pentingnya pendidikan sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan dijelaskan sebagai usaha sadar dan terencana yang bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara holistik, mencakup aspek spiritual, akhlak, keterampilan, dan intelektual. Selanjutnya, buku ini memperkenalkan konsep *Total Quality Management (TQM)* sebagai pendekatan manajemen yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan dan kepuasan pelanggan. TQM diterapkan dalam sistem pendidikan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, baik dalam bentuk hasil belajar, kinerja guru, maupun kepuasan siswa dan orang tua. Buku ini juga menjelaskan bahwa sekolah efektif adalah sekolah yang mampu mengintegrasikan kedisiplinan kualitas dalam operasionalnya, melalui input, proses, dan output yang terukur dan berorientasi pada kepuasan pengguna. Selain itu, buku ini menjelaskan bahwa efektivitas sekolah tidak hanya diukur dari capaian akademik siswa, tetapi juga dari kemampuan sekolah dalam memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal, serta dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan potensi peserta didik. Dengan pendekatan manajemen yang terpadu dan berbasis sekolah, buku ini memberikan gambaran mengenai bagaimana sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, bangsa, dan negara. Buku ini juga menyampaikan pentingnya peran sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam pengembangan pendidikan, serta menekankan bahwa sekolah yang efektif adalah sekolah yang otonom, berakar pada lingkungan sekitarnya, dan mampu beradaptasi dengan tantangan zaman. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis konsep kualitas, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pelaku pendidikan, pemangku kebijakan, dan semua pihak yang peduli terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Buku ini sekiranya dapat memberikan pencerahan dalam mengelola sekolah agar menjadi baik dan bermutu Tuntutan globalisasi mendorong dunia pendidikan untuk melakukan inovasi terus menerus dengan tetap menjamin fleksibelitas dalam implementasinya
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-304-660-2 |
eISBN | 978-623-304-661-9 |