Sinopsis Buku: Buku *ORIENTASI BARU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Teori dan Aplikasi* merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk mendukung pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) secara teoretis dan praktis. Buku ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan sumber referensi yang relevan dan aplikatif dalam pengajaran, pembinaan, serta pengasuhan anak usia 0–6 tahun, baik yang normal maupun berkebutuhan khusus. Buku ini tidak hanya menjelaskan konsep dasar pendidikan anak usia dini, tetapi juga memandu pembaca dalam memahami pentingnya pembelajaran karakter sejak dini, serta prosedur akreditasi lembaga pendidikan anak usia dini. Penulis juga mengupas peran dan tantangan yang dihadapi oleh penyelenggara PAUD dan guru dalam melaksanakan pendidikan yang efektif, sekaligus memberikan panduan tentang cara mengelola dan melaksanakan pembelajaran PAUD secara proporsional dan sesuai dengan kondisi perkembangan anak usia dini. Selain itu, buku ini mengintegrasikan pendekatan pendidikan yang diadopsi dari *Creative Center for Childhood Research and Training (CCCRT)* di Amerika Serikat, yaitu pendekatan BCCT (Behavior, Communication, Cognitive, and Transactional) atau pendekatan sentra dan lingkaran. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD secara komunikatif dan dinamis, serta mendorong pengembangan potensi anak secara holistik. Dengan berbagai konsep yang disajikan, buku ini menjadi pegangan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, guru PAUD, serta orangtua yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam pengasuhan anak usia dini. Buku ini juga berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperbaiki praktik penyelenggaraan PAUD yang masih banyak mengalami kesalahpahaman dan belum proporsional. Dengan pendekatan yang kritis, praktis, dan berbasis riset, *ORIENTASI BARU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Teori dan Aplikasi* menjadi buku yang relevan dan relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan anak usia dini di masa depan, khususnya dalam membangun Indonesia emas tahun 2045.
Penyelenggara PAUD dan guru hari ini masih banyak yang belum memahami konsep dan aplikasinya secara benar dan proporsional maka melalui buku kecil ini kami ingin berbagi kepada warga PAUD Nusantara dengan orientasi baru PAUD melalui pendekatan BCCT atau pendekatan sentra dan lingkaran yang diadopsi dari Creative Center for Chilhood Research and Training CCCRT yang berkedudukan di Florida Amerika Serikat Mereka telah sukses melaksanakan PAUD ini secara teoretis dan aplikatif serta melalui berbagai risetnya yang telah dilaksanakan puluhan tahun sesuai dengan kondisi tumbuh kembang anak usia dini Selain itu buku ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi atas praktik penyelenggaraan PAUD yang masih banyak terjadi salah kaprah dan belum proporsional bagaimana seharusnya PAUD dikelola dan pembelajaran PAUD dilaksanakan Kemasan tulisan ini selain memuat kemasan teoretis juga kemasan praktikal tentang hal hal yang terkait dengan pembelajaran berkarakter pendidikan anak usia dini PAUD dan pendidikan anak usia dini berkebutuhan khusus PAUDBK serta akreditasi lembaga pendidikan anak usia dini PAUD Hal ini beranjak dari pengalaman bahwa pentingnya pembelajaran karakter sejak dini dan tidak sedikit ditemui kesulitan mahasiswa yang sulit menyelesaika studinya di sebuah perguruan tinggi dengan ilmu yang berkaitan dengan PAUD serta masih banyaknya lembaga PAUD yang tidak mengetahui cara dan syarat agar lembaga mereka dapat diakui melalui kreditas lembaga
Jumlah Halaman | 432 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-7985-04-9 |
eISBN | 978-602-422-487-5 |