Logo Bacabuku
OPTIMASI UKM INDUSTRI PARIWISATA MELALUI MSDM DAN STRATEGI MARKETING TERINTEGRASI

OPTIMASI UKM INDUSTRI PARIWISATA MELALUI MSDM DAN STRATEGI MARKETING TERINTEGRASI

Dr. Adya Hermawati, S.E., M.M.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang optimasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor industri pariwisata melalui pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) terintegrasi dan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Penulis, Dr. Adya Hermawati, S.E., M.M., menjelaskan pentingnya sektor pariwisata dalam perekonomian nasional, dengan kontribusi hingga 9% dari Gross Domestic Product (GDP) suatu negara. Di Indonesia, sektor ini menjadi salah satu pendorong utama dalam penyerapan tenaga kerja, terutama di tengah trend industrialisasi dan mekanisasi industri. Buku ini mengeksplorasi berbagai kasus dan studi tentang optimasi UMKM pariwisata di beberapa daerah, seperti Kabupaten Pacitan, Lumajang, Malang, Kota Batu, Kabupaten Banyuwangi, dan Kota Blitar. Analisis SWOT digunakan sebagai alat untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh UMKM industri pariwisata di masing-masing daerah. Selain itu, buku ini juga menggambarkan interpretasi *Importance and Performance* untuk menilai sejauh mana kebutuhan dan kinerja UMKM dalam menghadapi tantangan pasar. Selain itu, buku ini menyoroti peran penting MSDM terintegrasi dalam meningkatkan daya saing UMKM pariwisata, serta strategi pemasaran yang berkelanjutan sebagai upaya untuk memperkuat kinerja organisasi. Penulis juga menekankan bahwa orientasi pasar dan kinerja individu menjadi mediator efektif dalam mencapai keberhasilan berkelanjutan dalam sektor pariwisata. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis data, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi pengambil kebijakan, pengusaha UMKM, dan akademisi yang ingin memahami dan meningkatkan kinerja sektor pariwisata di Indonesia.

Sinopsis ebook

Industri pariwisata saat ini menjadi salah satu faktor penting bagi kemajuan perekonomian dunia Sekitar 9 dari Gross Domestic Product suatu negara bersumber dari industri pariwisata Selain itu 1 dari 11 pekerja adalah bekerja pada sektor pariwisata ONWTO 2019 Kemajuan pariwisata dapat menghasilkan peluang sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat memberikan tantangan sekaligus ancaman bagi masyarakat lokal dan lingkungan sekitarnya

Detail Buku

Jumlah Halaman 136
Kategori Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-495-187-5
eISBN proses
OPTIMASI UKM INDUSTRI PARIWISATA MELALUI MSDM DAN STRATEGI MARKETING TERINTEGRASI

OPTIMASI UKM INDUSTRI PARIWISATA MELALUI MSDM DAN STRATEGI MARKETING TERINTEGRASI

Dr. Adya Hermawati, S.E., M.M.