Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya penerapan *open ended play* dalam pendidikan anak usia dini sebagai upaya meningkatkan kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Penulis mengkritik praktik pembelajaran yang cenderung *closed ended*, bersifat direktif, dan terpola, yang menghambat perkembangan kemampuan anak secara holistik. Buku ini menyoroti bagaimana pendidikan anak usia dini seharusnya tidak hanya fokus pada aspek akademik, seperti membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga pada pengembangan karakter, interaksi sosial, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi. Dengan mengusung konsep *open ended play*, buku ini memberikan wawasan dan panduan tentang bagaimana guru dapat merancang kegiatan belajar yang lebih fleksibel, terbuka, dan mendorong eksplorasi anak. Buku ini juga membahas tantangan yang dihadapi pendidik dalam menghadapi masyarakat yang semakin cerdas (*smart society*), serta bagaimana peran pendidik perlu berubah untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih inklusif dan berorientasi pada pengembangan kompetensi abad 21. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pengelola lembaga PAUD, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih berorientasi pada kemandirian, kreativitas, dan keberagaman hasil belajar anak usia dini.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya penerapan *open ended play* dalam pendidikan anak usia dini sebagai upaya meningkatkan kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Penulis mengkritik praktik pembelajaran yang cenderung *closed ended*, bersifat direktif, dan terpola, yang menghambat perkembangan kemampuan anak secara holistik. Buku ini menyoroti bagaimana pendidikan anak usia dini seharusnya tidak hanya fokus pada aspek akademik, seperti membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga pada pengembangan karakter, interaksi sosial, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi. Dengan mengusung konsep *open ended play*, buku ini memberikan wawasan dan panduan tentang bagaimana guru dapat merancang kegiatan belajar yang lebih fleksibel, terbuka, dan mendorong eksplorasi anak. Buku ini juga membahas tantangan yang dihadapi pendidik dalam menghadapi masyarakat yang semakin cerdas (*smart society*), serta bagaimana peran pendidik perlu berubah untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih inklusif dan berorientasi pada pengembangan kompetensi abad 21. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pengelola lembaga PAUD, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih berorientasi pada kemandirian, kreativitas, dan keberagaman hasil belajar anak usia dini.
Jumlah Halaman | 128 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Inara Publisher |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-98428-2-6 |
eISBN |