Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pengembangan profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor kunci dalam kemajuan bangsa, dan pendidikan merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut. Dalam era globalisasi, kompetensi guru menjadi sangat vital dalam membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, dan kompetitif. Buku ini juga menyoroti peran penting Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah organisasi profesi guru yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru dan kualitas pembelajaran melalui metode *open class*. *Open class* sendiri merupakan bentuk pengamatan dan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan secara terbuka, dengan melibatkan guru-guru lain sebagai pengamat. Metode ini dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan proses pendidikan yang bermutu. Selain itu, buku ini juga menekankan tanggung jawab guru sebagai pendidik profesional yang memiliki tugas utama dalam mendidik, mengajar, dan mengevaluasi peserta didik. Dalam bab-bab yang disusun secara terstruktur, buku ini menjelaskan latar belakang, tujuan, prinsip, model pembelajaran, supervisi, dan kerangka berpikir terkait peningkatan profesionalisme guru melalui KKG dan metode *open class*. Buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi para guru, pengawas, dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pengembangan profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor kunci dalam kemajuan bangsa, dan pendidikan merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut. Dalam era globalisasi, kompetensi guru menjadi sangat vital dalam membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, dan kompetitif. Buku ini juga menyoroti peran penting Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah organisasi profesi guru yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru dan kualitas pembelajaran melalui metode *open class*. *Open class* sendiri merupakan bentuk pengamatan dan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan secara terbuka, dengan melibatkan guru-guru lain sebagai pengamat. Metode ini dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan proses pendidikan yang bermutu. Selain itu, buku ini juga menekankan tanggung jawab guru sebagai pendidik profesional yang memiliki tugas utama dalam mendidik, mengajar, dan mengevaluasi peserta didik. Dalam bab-bab yang disusun secara terstruktur, buku ini menjelaskan latar belakang, tujuan, prinsip, model pembelajaran, supervisi, dan kerangka berpikir terkait peningkatan profesionalisme guru melalui KKG dan metode *open class*. Buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi para guru, pengawas, dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia.
Jumlah Halaman | 130 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-290-099-8 |
eISBN |