Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis melalui pendekatan *Numbered Head Together (NHT)* di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Muna. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang bertahap, meliputi pendahuluan, pelaksanaan siklus I dan II, serta analisis hasil penelitian. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara rinci tentang konsep dan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe *NHT*, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta mendorong kerja sama antar siswa dalam proses belajar. Selain itu, buku ini juga membahas tentang hakikat Al-Qur’an Hadis dan strategi pembelajaran kooperatif secara umum, sehingga memberikan dasar teoritis yang kuat dalam penerapan *NHT*. Dalam bagian pembahasan, penulis menganalisis hasil penelitian, mengevaluasi efektivitas penggunaan *NHT* dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode pembelajaran di masa depan. Buku ini ditujukan bagi para guru, pendidik, dan calon pengajar yang tertarik untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Dengan menggabungkan metode tindakan kelas dan pendekatan kooperatif, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan sekolah umum.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis melalui pendekatan *Numbered Head Together (NHT)* di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Muna. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang bertahap, meliputi pendahuluan, pelaksanaan siklus I dan II, serta analisis hasil penelitian. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara rinci tentang konsep dan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe *NHT*, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta mendorong kerja sama antar siswa dalam proses belajar. Selain itu, buku ini juga membahas tentang hakikat Al-Qur’an Hadis dan strategi pembelajaran kooperatif secara umum, sehingga memberikan dasar teoritis yang kuat dalam penerapan *NHT*. Dalam bagian pembahasan, penulis menganalisis hasil penelitian, mengevaluasi efektivitas penggunaan *NHT* dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode pembelajaran di masa depan. Buku ini ditujukan bagi para guru, pendidik, dan calon pengajar yang tertarik untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Dengan menggabungkan metode tindakan kelas dan pendekatan kooperatif, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan sekolah umum.
| Jumlah Halaman | 92 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-272-851-6 |
| eISBN |