Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya internalisasi nilai-nilai karakter Sunda dalam pendidikan di sekolah. Penulis menjelaskan konsep pendidikan karakter, termasuk pengertian, tujuan, prinsip pembelajaran, perencanaan, pengembangan, dan penilaian hasil belajar dalam pendidikan karakter. Buku ini juga menyoroti peran kearifan lokal dan nilai-nilai budaya dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk. Penulis mengemukakan bahwa pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal dapat memberikan keunggulan distingsi dalam pendidikan di tengah arus globalisasi. Buku ini dilengkapi dengan kerangka pemikiran dan paradigma yang mendukung penyusunan konsep pendidikan karakter yang relevan dan kontekstual. Buku ini merupakan referensi penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan calon guru dalam mengembangkan pendidikan karakter yang bermakna dan berkelanjutan.
Buku ini ditulis sebagai salah satu sumber bahan referensi dalam memahami sebuah budaya dan karakter yang melekat pada budaya tersebut Indonesia kaya dengan sumber nilai pembentuk karakter bangsa diantaranya agama budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional Nilai budaya dalam bentuk kearifan lokal local wisdom dapat digali dari berbagai etnis di Indonesia Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk multietnis dan multikultur yang telah berkontribusi positif dalam pembentukan karakter bangsa Seperti diungkapkan oleh Chaedar Alwasilah 2009 Masyarakat adat secara keseluruhan telah mampu menyelenggarakan pendidikan yang tangguh dan bisa menangkal ekses negatif dari budaya global Maka pada hakikatnya pendidikan memiliki dua misi yakni transfer of values dan transfer of knowledge pendidikan yang bisa mewarisi nilai nilai budaya luhur bangsa dan dapat menangkal dampak negatif dari nilai nilai budaya global Pendidikan yang bisa melahirkan generasi unggul secara intelektual dan tetap memelihara kepribadian dan identitasnya sebagai bangsa Indonesia Tulisan ini sangat menarik karena berhasil menggambarkan proses pendidikan yang tidak bisa memisahkan diri dari kebudayaan yang majemuk dari masyarakat bangsa Indonesia Setiap masyarakat atau suku bangsa Indonesia yang majemuk itu memiliki kebudayaan sendiri memiliki nilai budaya luhur sendiri dan memiliki keunggulan lokal local knowledge serta kearifan lokal local wisdom sendiri Setiap masyarakat berusaha mentransmisikan gagasan fundamental yang berkenaan dengan hakikat dunia pengetahuan dan nilai Karena itu kearifan terhadap budaya lokal adalah proses bagaimana pengetahuan dihasilkan disimpan diterapkan dan diwariskan Maka perlu upaya yang terus menerus untuk menghasilkan model pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal bagi masyarakat yang majemuk seperti Indonesia sehingga pada akhirnya proses pendidikan di Indonesia memiliki keunggulan distingsi di tengah budaya global Dengan demikian disadari atau tidak pembentukan karakter bangsa Indonesia ini sangat kuat dipengaruhi oleh nilai nilai lokal budaya dan adat istiadat yang ada di setiap daerah
Jumlah Halaman | 137 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-453-257-4 |
eISBN |