Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya literasi dalam konteks pendidikan dan perkembangan bangsa Indonesia. Dengan mengacu pada hasil survei literasi yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dunia, buku ini menggambarkan tantangan dan peluang yang ada dalam meningkatkan kualitas literasi nasional. Penulis menjelaskan bahwa literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca, tetapi juga keterampilan dalam memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan informasi dari berbagai sumber. Buku ini juga membahas upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dan berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan inisiatif-inisiatif lokal seperti GPMB dan street library. Selain itu, buku ini menyampaikan pentingnya adaptasi terhadap tren perpindahan media baca dari cetak ke digital, khususnya dalam konteks penggunaan smartphone yang semakin dominan di Indonesia. Dalam rangka mendukung peningkatan akses bacaan, buku ini juga mengupas peran e-book dan format digital dalam memudahkan masyarakat dalam mengakses dan membaca berbagai kategori bacaan, seperti kesehatan, pendidikan, budaya, hiburan, dan lainnya. Penulis menekankan bahwa konten yang disajikan dalam format digital harus didesain khusus untuk meningkatkan pengalaman baca yang nyaman dan menarik di perangkat smartphone. Dengan pendekatan yang informatif dan inspiratif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat baca masyarakat, serta memperkuat upaya-upaya dalam menciptakan bangsa yang lebih literat dan berpengetahuan.
PRANCIS berbangga dengan wine Italia menepuk dada dengan pasta tapi tak ada satu pun bangsa di dunia ini yang lebih hebat membuat sambal dibanding Indonesia Kita bangsa yang paling maju dalam persambalan Dari segi kreativitas ilmu dan teknologi belum ada yang menyaingi sambal kita Begitu beragam hingga tak terhitung jumlahnya
Jumlah Halaman | 53 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0421-1 |