Sinopsis Buku: Buku *MUTU PELAYANAN KEBIDANAN* ini merupakan hasil penelitian dosen pemula yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Buku ini disusun berdasarkan silabus mata kuliah *Mutu Pelayanan Kebidanan* di Program Studi D-3 Kebidanan, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep dasar mutu pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang kebidanan. Buku ini menyajikan berbagai aspek penting terkait mutu pelayanan kebidanan, antara lain konsep dasar mutu pelayanan kesehatan, dimensi mutu pelayanan kesehatan, persyaratan pokok pelayanan kesehatan, faktor-faktor yang mempengaruhi standar mutu, indikator dan penilaian mutu pelayanan kebidanan. Selain itu, buku ini juga membahas peran dan tanggung jawab bidan dalam menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kebidanan, serta pengaruh persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Buku ini juga menyertakan studi kasus dan analisis terkait kecemasan bidan dalam memberikan asuhan kebidanan di tengah pandemi Covid-19, serta korelasi antara pengetahuan tentang virus Corona dengan tingkat kecemasan bidan. Buku ini sangat relevan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa, praktisi, dan pelaku kebidanan yang ingin memahami dan meningkatkan mutu pelayanan kebidanan secara profesional dan berkelanjutan.
Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi
Jumlah Halaman | 162 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-546-8 |
eISBN | proses |