Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya literasi dalam konteks pendidikan dan kemajuan suatu bangsa. Dalam konteks Indonesia, hasil survei yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dunia menjadi sorotan, karena menunjukkan bahwa tingkat literasi negara ini masih jauh dari tingkat negara-negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik, seperti Finlandia. Survei ini memicu perdebatan dan respons dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat, yang berupaya meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Indonesia. Buku ini juga menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan akses dan minat baca, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan berbagai inisiatif lokal seperti GPMB di Yogyakarta dan program street library di Bandung. Selain itu, buku ini juga menggambarkan pergeseran media baca dari cetak ke digital, dengan penekanan pada pentingnya e-book yang didesain khusus untuk smartphone, yang dianggap lebih efektif dalam meningkatkan akses dan minat baca masyarakat. Dalam konteks kekinian, buku ini juga menyentuh isu hukum dan perlindungan hak cipta terkait penggunaan konten digital, termasuk ancaman hukum bagi siapa pun yang melakukan pelanggaran hak cipta secara komersial. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi, buku ini juga menyoroti peran penting dari sumber daya digital, seperti e-book, dalam memudahkan akses masyarakat terhadap bahan bacaan. Dengan berbagai upaya yang disebutkan, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi, serta memberikan arahan tentang bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi secara keseluruhan.
Riset yang diberi judul ldquo Mozart Effect rdquo ini memang khusus meneliti dampak musik klasik karya Mozart terhadap tingkat kecerdasan seseorang Penelitian ini telah dipublikasikan di US Journal Intelligence
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-1225-4 |