Sinopsis: Buku ini menyajikan pengalaman dan observasi penulis, Yulinar, M.Pd., dalam menggali dan menganalisis nilai-nilai matematika yang terkandung dalam berbagai benda bersejarah yang dipamerkan di Museum Adityawarman, Ranah Minang. Buku ini merupakan hasil kunjungan penulis sebagai guru matematika di SMKN 9 Padang ke Museum tersebut, yang berisi berbagai artefak sejarah yang memiliki nilai budaya dan historis tinggi, seperti patung Adityawarman, prasati, rumah gadang, dan bangunan bersejarah lainnya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bagaimana konsep matematika dapat diterapkan dan dilihat dalam bentuk-bentuk arsitektur, ukiran, dan desain benda-benda bersejarah tersebut. Buku ini juga berusaha mengintegrasikan nilai-nilai lokal Minangkabau dalam pembelajaran matematika, serta mendorong pengembangan literasi sejarah dan matematika secara bersamaan. Dengan pendekatan yang kreatif dan ilmiah, buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal.
Sinopsis: Buku ini menyajikan pengalaman dan observasi penulis, Yulinar, M.Pd., dalam menggali dan menganalisis nilai-nilai matematika yang terkandung dalam berbagai benda bersejarah yang dipamerkan di Museum Adityawarman, Ranah Minang. Buku ini merupakan hasil kunjungan penulis sebagai guru matematika di SMKN 9 Padang ke Museum tersebut, yang berisi berbagai artefak sejarah yang memiliki nilai budaya dan historis tinggi, seperti patung Adityawarman, prasati, rumah gadang, dan bangunan bersejarah lainnya. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bagaimana konsep matematika dapat diterapkan dan dilihat dalam bentuk-bentuk arsitektur, ukiran, dan desain benda-benda bersejarah tersebut. Buku ini juga berusaha mengintegrasikan nilai-nilai lokal Minangkabau dalam pembelajaran matematika, serta mendorong pengembangan literasi sejarah dan matematika secara bersamaan. Dengan pendekatan yang kreatif dan ilmiah, buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal.
Jumlah Halaman | 90 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-468-889-9 |
eISBN |