Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *Multiple Intellegences* dalam konteks pembelajaran modern, dengan fokus pada peran kecerdasan yang beragam dalam perkembangan intelektual dan potensi anak. Penulis menjelaskan bahwa kecerdasan bukanlah entitas tunggal yang bisa diukur melalui tes standar, melainkan merupakan kemampuan yang berkembang dalam berbagai dimensi, termasuk kognitif, emosional, dan spiritual. Teori ini dikembangkan oleh Howard Gardner melalui bukunya *Frames of Mind* (1983) dan diperluas dalam *Intelligence Reframed* (1999), yang menjadi dasar bagi pendekatan pendidikan yang lebih inklusif dan beragam. Buku ini menjelaskan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda dan bahwa pendidikan yang efektif harus mampu mengakomodasi keberagaman tersebut. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya pengembangan potensi anak melalui pendekatan pembelajaran modern yang berbasis *multiple intelligences*, serta menjelaskan karakteristik dan model pembelajaran kontemporer yang mendukung proses belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggabungkan teori dan praktek, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi alat untuk memaksimalkan potensi setiap anak, sekaligus mengembangkan kecerdasan secara holistik. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, guru, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan beragam.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *Multiple Intellegences* dalam konteks pembelajaran modern, dengan fokus pada peran kecerdasan yang beragam dalam perkembangan intelektual dan potensi anak. Penulis menjelaskan bahwa kecerdasan bukanlah entitas tunggal yang bisa diukur melalui tes standar, melainkan merupakan kemampuan yang berkembang dalam berbagai dimensi, termasuk kognitif, emosional, dan spiritual. Teori ini dikembangkan oleh Howard Gardner melalui bukunya *Frames of Mind* (1983) dan diperluas dalam *Intelligence Reframed* (1999), yang menjadi dasar bagi pendekatan pendidikan yang lebih inklusif dan beragam. Buku ini menjelaskan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda dan bahwa pendidikan yang efektif harus mampu mengakomodasi keberagaman tersebut. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya pengembangan potensi anak melalui pendekatan pembelajaran modern yang berbasis *multiple intelligences*, serta menjelaskan karakteristik dan model pembelajaran kontemporer yang mendukung proses belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggabungkan teori dan praktek, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi alat untuk memaksimalkan potensi setiap anak, sekaligus mengembangkan kecerdasan secara holistik. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, guru, dan orang tua yang ingin memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan beragam.
Jumlah Halaman | 52 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5764-81-3 |
eISBN |