Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan multirepresentasi, khususnya dalam konteks pengajaran Fisika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA). Buku ini menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi informasi dan komputer dapat mempermudah dan memperjelas materi pelajaran yang kompleks, serta memberikan contoh konkrit yang memudahkan pemahaman siswa. Dalam buku ini, penulis membahas peran multimedia interaktif dalam memperkaya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep Fisika, khususnya dalam mempelajari Hukum Archimedes. Buku ini juga menjelaskan bagaimana pendekatan multirepresentasi, yaitu penggunaan kombinasi media seperti audio, teks, grafik, gambar, dan video, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar. Selain itu, buku ini menyajikan data dan analisis hasil belajar siswa dalam pre-test dan post-test untuk menilai efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Buku ini juga menyertakan rekapitulasi jumlah siswa yang tidak mampu menyelesaikan soal-soal pada pre-test dan post-test, sebagai upaya untuk memahami tantangan dalam pemahaman konsep Fisika. Buku ini dilengkapi dengan kesimpulan kajian yang merangkum keunggulan penggunaan multimedia dalam pembelajaran dan implikasinya dalam pendidikan. Buku ini juga menyertakan daftar pustaka dan profil penulis sebagai tambahan informasi bagi pembaca. Dengan pendekatan yang sistematis dan berbasis bukti, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti dalam memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis multimedia dalam mengajarkan Fisika di tingkat SMA/MA.
Dengan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran pebelajar dapat termotivasi karena terlibat aktif secara fisik maupun psikis memaksimalkan seluruh indera pebelajar dalam belajar pembelajaran lebih bermakna hingga mencapai target yang diharapkan
Jumlah Halaman | 148 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-8227-12-9 |
eISBN | proses |