Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, teori, dan aplikasi pendidikan multikultural dalam manajemen pendidikan di sekolah dasar. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pentingnya pendidikan multikultural sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, toleran, dan beragam. Buku ini juga menjelaskan peran sekolah dasar sebagai sistem sosial dan lembaga pengembangan budaya yang mampu membangun karakter siswa sejak usia dini. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai prinsip dan ruang lingkup manajemen pendidikan berbasis multikultural, serta langkah-langkah dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran yang berbasis budaya. Buku ini juga mengupas pentingnya pendidikan multikultural dalam menghadapi konflik dan mengintegrasikannya dalam kurikulum dan pembelajaran di sekolah dasar. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa pendidikan dan non pendidikan yang mempelajari topik ini.
Bertitik tolak dari keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia maka latar belakang pendidikan di sekolah dasar Indonesia mengacu pada akar budaya bangsa dimana hal itu dapat dipertegas berdasar Undang Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 31 Ayat 3 dan ayat 5 Selain mengajar guru sekolah dasar juga sebagai pendidik yang berkewajiban untuk selalu menanamkan kepada anak didik atau siswanya menjadi jiwa dan insan insan yang menjunjung budaya bangsa seperti yang tertuang pada amanat Undang Undang tersebut di atas Berdasarkan itu pendidikan di sekolah dasar sebagai pendidikan formal bagi anak generasi penerus bangsa dikemas berdasarkan karakter dan budaya bangsa yang kemudian ditetapkan melalui kurikulum Dari kurikulum inilah roda pendidikan dipacu serta dijalankan Hadirnya buku ini menjadi literasi pendukung bagi para pendidik dan calon pendidik dalam menerapkan kegiatan multicultural pada manajemen pendidikan di sekolah dasar