Logo Bacabuku
Mozaik penilaian pembelajaran bahasa dan apresiasi sastra indonesia di sekolah dasar

Mozaik penilaian pembelajaran bahasa dan apresiasi sastra indonesia di sekolah dasar

Taufina
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip penilaian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Dalam buku ini, penulis menjelaskan hakikat penilaian, termasuk pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, jenis, dan instrumen penilaian yang relevan dengan konteks pembelajaran di SD. Selanjutnya, buku ini mengeksplorasi lebih dalam tentang penilaian dalam empat aspek utama pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan apresiasi sastra. Setiap bab menyajikan pentingnya penilaian dalam masing-masing aspek, karakteristik penilaian yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa SD, serta contoh penerapan penilaian yang praktis dan dapat diterapkan oleh guru. Buku ini merupakan panduan yang komprehensif bagi pendidik dan pengelola pembelajaran Bahasa Indonesia di SD dalam merancang dan melaksanakan penilaian yang efektif, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa.

Sinopsis ebook

Buku Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar ini merupakan salah satu sumber dalam upaya menciptakan proses pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di SD yang bermutu Kegiatan pembelajaran itu dapat dilakukan jika guru memiliki penguasaan subtansi kemampuan aplikasi dan kemampuan menilai keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di SD Buku ini membahas tentang teori dan aplikasi pembelajaran dan penilaian keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di Sekolah Dasar Pokok bahasan dalam buku ini meliputi teori aplikasi dan penilaian keterampilan mendengarkan keterampilan berbicara keterampilan membaca keterampilan menulis dan apresiasi sastra Indonesia di Sekolah Dasar Maksud dan tujuan utama dari buku ini adalah memberikan wawasan pengetahuan yang mendasari keterampilan menyajikan bahasa dan apresiasi sastra Indonesia di Sekolah Dasar melatih keterampilan merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta mengembangkan sikap positif rasa tanggung jawab dan santun berbahasa Dengan demikian buku ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa guru dosen dan pemerhati pembelajaran dalam upaya menciptakan proses pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia yang berkualitas di sekolah dasar

Detail Buku

Jumlah Halaman 208
Kategori Pendidikan
Penerbit Angkasa
Tahun Terbit 2016
ISBN 978-979-665-943-2
eISBN 978-623-340-142-5
Mozaik penilaian pembelajaran bahasa dan apresiasi sastra indonesia di sekolah dasar

Mozaik penilaian pembelajaran bahasa dan apresiasi sastra indonesia di sekolah dasar

Taufina