Sinopsis Buku: Buku ini merupakan buku sumber yang dirancang untuk mendukung pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di tingkat Sekolah Dasar (SD). Buku ini menyajikan teori dan aplikasi secara komprehensif, sehingga mampu menjawab tantangan dalam proses pembelajaran yang berkualitas. Buku ini terutama berfokus pada keterampilan menyimak, yang merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam Bab I, buku ini menjelaskan pengertian, manfaat, dan tujuan menyimak, serta menganalisis berbagai jenis menyimak berdasarkan sumber suara, cara menyimak, dan tingkat aktivitas menyimak. Selain itu, buku ini juga memberikan strategi menyimak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, seperti menyimak ulang dan menyimak kerjakan. Buku ini ditulis dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam membentuk generasi bangsa yang cerdas, bermutu, dan santun berbahasa. Dengan memahami dan menerapkan konsep menyimak yang disajikan dalam buku ini, diharapkan para siswa SD dapat mengembangkan kemampuan berbicara dan berbahasa yang baik, serta meningkatkan apresiasi terhadap sastra Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, sehingga mudah dipahami oleh siswa dan pendidik. Penulis telah memperhatikan kebutuhan pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kurikulum pendidikan di SD, sehingga buku ini dapat menjadi acuan yang bermanfaat dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Buku Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar ini merupakan salah satu sumber yang mampu menjawab tantangan di atas Buku ini membahas tentang teori dan aplikasi keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di SD Pokok bahasan dalam buku ini meliputi teori dan aplikasi mengenai keterampilan menyimak keterampilan berbicara keterampilan membaca keterampilan menulis dan apresiasi sastra di SD Misi dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan wawasan pengetahuan yang mendasari keterampilan menyajikan bahasa dan apresiasi sastra Indonesia di SD melatih keterampilan merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta mengembangkan sikap positif rasa tanggung jawab dan santun berbahasa Dengan demikian dengan buku ini diharapkan dapat menambah wawasan pembaca mahasiswa guru dosen dan pemerhati pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra Indonesia di SD Suguhan buku ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan mata kuliah wajib untuk jurusan PGSD PGMI dalam pendidikan di Indonesia
Jumlah Halaman | 338 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Angkasa |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-979-665-944-9 |
eISBN | 978-623-340-141-8 |