Sinopsis Buku: Buku ini membahas peran penting institusi pendidikan dalam pembangunan nasional, khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi fondasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Dalam konteks ini, buku menjelaskan bagaimana sumber daya manusia, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal, menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran pemimpin dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif dan mendorong motivasi kerja yang tinggi, yang menjadi kunci dalam mencapai kinerja hebat. Buku ini juga membahas konsep dasar motivasi, faktor-faktor yang memengaruhi motivasi, serta berbagai teori motivasi yang relevan dalam konteks pendidikan dan kepemimpinan. Penulis menekankan pentingnya gerakan literasi dalam dunia pendidikan, khususnya di madrasah, sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemandirian institusi pendidikan. Dalam konteks praktis, buku ini memberikan studi kasus penelitian yang menjelaskan kerangka konseptual, pengembangan hipotesis, metode penelitian, dan analisis data yang digunakan untuk menggali lebih dalam tentang hubungan antara kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja. Buku ini ditujukan untuk para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah, dan pengelola institusi pendidikan, yang ingin memperkuat kapasitas dan kinerja lembaga pendidikan mereka. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam membangun institusi pendidikan yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas peran penting institusi pendidikan dalam pembangunan nasional, khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi fondasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Dalam konteks ini, buku menjelaskan bagaimana sumber daya manusia, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal, menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran pemimpin dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif dan mendorong motivasi kerja yang tinggi, yang menjadi kunci dalam mencapai kinerja hebat. Buku ini juga membahas konsep dasar motivasi, faktor-faktor yang memengaruhi motivasi, serta berbagai teori motivasi yang relevan dalam konteks pendidikan dan kepemimpinan. Penulis menekankan pentingnya gerakan literasi dalam dunia pendidikan, khususnya di madrasah, sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemandirian institusi pendidikan. Dalam konteks praktis, buku ini memberikan studi kasus penelitian yang menjelaskan kerangka konseptual, pengembangan hipotesis, metode penelitian, dan analisis data yang digunakan untuk menggali lebih dalam tentang hubungan antara kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja. Buku ini ditujukan untuk para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah, dan pengelola institusi pendidikan, yang ingin memperkuat kapasitas dan kinerja lembaga pendidikan mereka. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam membangun institusi pendidikan yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Novel |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-406-8 |
eISBN |