Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berbasis Kearifan Lokal. Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk memahami dan mengembangkan strategi pembelajaran PAI yang tidak hanya berfokus pada ajaran agama, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai lokal yang terkandung dalam kearifan lokal. Integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan agama dengan konteks kehidupan masyarakat, sehingga peserta didik dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai agama dalam konteks lokal mereka. Buku ini menjelaskan tahapan pengembangan bahan ajar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas konsep Kearifan Lokal, termasuk pengertian, ruang lingkup, ciri-ciri, fungsi, serta peran Kearifan Lokal dalam pendidikan. Dalam bab terakhir, buku ini juga mengeksplorasi efektivitas penggunaan bahan ajar PAI berbasis Kearifan Lokal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik. Dengan menggabungkan pendekatan pendidikan agama dan pendekatan lokal, buku ini memberikan panduan praktis bagi pengembang bahan ajar, guru, dan peneliti pendidikan dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang relevan, inklusif, dan berakar pada nilai-nilai lokal yang menjadi bagian dari identitas budaya masyarakat.
Monograf ini merupakan hasil dari penelitian yang membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Buku ini menarik untuk dibaca karena menyajikan berbagai topik pembahasan berkenaan dengan Langkah langkah dalam pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Setiap Pendidik Dosen harus mampu dalam mengembangkan berbagai bahan ajar yang akan diajarkan kepada mahasiswa agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan pengembangan bahan ajar bisa dilakukan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan kondisi atau keadaan setempat dalam hal ini adalah kearifan lokal Oleh karena itu Buku ini hadir sebagai bahan atau sumber bagi para pendidik dosen untuk mengembangkan bahan ajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
| Jumlah Halaman | 70 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | Penerbit Adab |
| Tahun Terbit | 2022 |
| ISBN | 978-623-5314-83-9 |
| eISBN | proses |