BAB 1 PENDAHULUAN A Latar Belakang Permasalahan Dampak Covid 19 mempengaruhi tatanan perekonomian dunia yang kemudian memberikan dampak terhadap perekonomian di Indonesia Bagi perusahaan penurunan perekonomian yang disebabkan oleh virus corona ini menjadikan kegiatan di bidang manufaktur perdagangan transportasi dan akomodasi seperti restoran dan perhotelan merupakan yang paling cepat menerima imbas tersebut Hal ini menjadikan kegiatan bisnis terganggu yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja bahkan mengalami ancaman kebangkrutan Penurunan pendapatan tersebut salah satunya adalah kurangnya pengunjung untuk mendatangi UMKM tersebut Penurunan jumlah kunjungan disebabkan diberlakukannya kebijakan social distancing demi menghindari penularan virus Corona yang lebih luas sehingga mempengaruhi aktivitas jual beli di tengah masyarakat Penerapan kebijakan ini juga menyebabkan distribusi barang mengalami penurunan Selanjutnya dampak psikologis yang dirasakan oleh konsumen adalah ketakutan untuk membeli barang Pengaruh Covid 19 akan memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan besar dan kecil Dimana xviii xviii MONOGRAF ANALISIS SWOT DAN STRATEGI BISNIS UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19 1 BAB 1 PENDAHULUAN 1BAB 1 PENDAHULUAN A Latar Belakang Permasalahan Dampak Covid 19 mempengaruhi tatanan perekonomian dunia yang kemudian memberikan dampak terhadap perekonomian di Indonesia Bagi perusahaan penurunan perekonomian yang disebabkan oleh virus corona ini menjadikan kegiatan di bidang manufaktur perdagangan transportasi dan akomodasi seperti restoran dan perhotelan merupakan yang paling cepat menerima imbas ...tersebut Hal ini menjadikan kegiatan bisnis terganggu yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja bahkan mengalami ancaman kebangkrutan Penurunan pendapatan tersebut salah satunya adalah kurangnya pengunjung untuk mendatangi UMKM tersebut Penurunan jumlah kunjungan disebabkan diberlakukannya kebijakan social distancing demi menghindari penularan virus Corona yang lebih luas sehingga mempengaruhi aktivitas jual beli di tengah masyarakat Penerapan kebijakan ini juga menyebabkan distribusi barang mengalami penurunan Selanjutnya dampak psikologis yang dirasakan oleh konsumen adalah ketakutan untuk membeli barang Pengaruh Covid 19 akan memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan besar dan kecil Dimana xviii xviii MONOGRAF ANALISIS SWOT DAN STRATEGI BISNIS UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19 1 BAB 1 PENDAHULUAN 1