Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam konteks pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 2 Kota Parepare. Penulis menjelaskan tantangan yang dihadapi guru dalam menyusun silabus, sinkronisasi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta pelaksanaan pembelajaran yang sering kali terkesan tidak terstruktur. Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis mengusulkan pentingnya monitoring dan evaluasi pembelajaran secara berkala dengan pendekatan *face to face* sebagai bentuk supervisi dan pembinaan yang berkelanjutan. Dalam buku ini, juga dijelaskan bahwa kualitas pendidikan sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru dianggap sebagai fasilitator utama dalam proses belajar-mengajar, yang memiliki andil besar dalam menentukan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran yang matang dan terstruktur menjadi langkah penting sebelum pelaksanaan pembelajaran dilakukan. Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran pengawas dalam memperbaiki kinerja guru melalui monitoring dan evaluasi, serta memberikan rekomendasi strategis bagi peningkatan mutu pendidikan di lingkungan satuan pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam konteks pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 2 Kota Parepare. Penulis menjelaskan tantangan yang dihadapi guru dalam menyusun silabus, sinkronisasi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta pelaksanaan pembelajaran yang sering kali terkesan tidak terstruktur. Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis mengusulkan pentingnya monitoring dan evaluasi pembelajaran secara berkala dengan pendekatan *face to face* sebagai bentuk supervisi dan pembinaan yang berkelanjutan. Dalam buku ini, juga dijelaskan bahwa kualitas pendidikan sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru dianggap sebagai fasilitator utama dalam proses belajar-mengajar, yang memiliki andil besar dalam menentukan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran yang matang dan terstruktur menjadi langkah penting sebelum pelaksanaan pembelajaran dilakukan. Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran pengawas dalam memperbaiki kinerja guru melalui monitoring dan evaluasi, serta memberikan rekomendasi strategis bagi peningkatan mutu pendidikan di lingkungan satuan pendidikan.
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-462-393-7 |
eISBN |