Sinopsis Buku: Buku ini adalah panduan modul pendampingan teknis pengembangan pembelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dirancang untuk mendukung guru dan pendamping dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif serta meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini terdiri dari beberapa unit yang terstruktur secara jelas dan komprehensif, membahas berbagai aspek penting dalam pendampingan teknis, seperti pembelajaran efektif, penilaian autentik, persiapan dan praktik mengajar, serta pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*. Unit 1 membahas tentang pembelajaran yang efektif, dengan fokus pada pengkajian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), alat penilaian, lembar kerja, dan hasil kerja siswa. Unit 2 memperkenalkan konsep penilaian autentik, yang melibatkan tugas kinerja, rubrik, dan analisis hasil kerja siswa untuk mengevaluasi kemampuan siswa dan merancang tindak lanjut. Unit 3 membahas persiapan dan praktik mengajar, yang bertujuan untuk membantu guru mengimplementasikan gagasan pembelajaran yang telah direncanakan, serta melakukan refleksi terhadap keberhasilan dan kekurangan dalam praktik mengajar. Unit 4 menyoroti pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*, yang melibatkan siklus *plan*, *do*, dan *see* (refleksi), kerja bersama, dan pengamatan pembelajaran untuk memperkuat penerapan pendampingan teknis. Buku ini menjadi sumber informasi yang relevan dan praktis bagi guru, pendamping, dan pelaku pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Buku ini juga dilengkapi dengan referensi dan pedoman yang mendukung pengembangan profesionalisme pendidik.
LPMP DKI Jakarta mengambil peran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di satuan pendidikan jenjang SD SMP SMA maupun SMK secara komprehensif baik kualitas pembelajaran maupun penilaiannya Pada tahun 2019 ini LPMP DKI Jakarta menyelenggarakan Program pendampingan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi Guru jenjang SD SMP SMA dan SMK Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahapan yaitu Pendampingan Teknis dan Pendampingan Operasional Modul Pendampingan Teknis Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar ini memberikan acuan bagi fasilitator kegiatan dalam penyiapan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Pendampingan Teknis dan Pendampingan Operasional Modul ini akan disempurnakan dari tahun ke tahun dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak perubahan peraturan peraturan terkait dengan penyelenggaraan pendidikan pengalaman empiris pelaksanaan pendampingan teknis serta dan pendampingan operasional implementasi Kurikulum 2013
| Jumlah Halaman | 88 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-308-344-7 |
| eISBN |