Logo Bacabuku
Modul Pendampingan Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Modul Pendampingan Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar

LPMP DKI Jakarta
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini adalah panduan modul pendampingan teknis pengembangan pembelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dirancang untuk mendukung guru dan pendamping dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif serta meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini terdiri dari beberapa unit yang terstruktur secara jelas dan komprehensif, membahas berbagai aspek penting dalam pendampingan teknis, seperti pembelajaran efektif, penilaian autentik, persiapan dan praktik mengajar, serta pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*. Unit 1 membahas tentang pembelajaran yang efektif, dengan fokus pada pengkajian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), alat penilaian, lembar kerja, dan hasil kerja siswa. Unit 2 memperkenalkan konsep penilaian autentik, yang melibatkan tugas kinerja, rubrik, dan analisis hasil kerja siswa untuk mengevaluasi kemampuan siswa dan merancang tindak lanjut. Unit 3 membahas persiapan dan praktik mengajar, yang bertujuan untuk membantu guru mengimplementasikan gagasan pembelajaran yang telah direncanakan, serta melakukan refleksi terhadap keberhasilan dan kekurangan dalam praktik mengajar. Unit 4 menyoroti pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*, yang melibatkan siklus *plan*, *do*, dan *see* (refleksi), kerja bersama, dan pengamatan pembelajaran untuk memperkuat penerapan pendampingan teknis. Buku ini menjadi sumber informasi yang relevan dan praktis bagi guru, pendamping, dan pelaku pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Buku ini juga dilengkapi dengan referensi dan pedoman yang mendukung pengembangan profesionalisme pendidik.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini adalah panduan modul pendampingan teknis pengembangan pembelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dirancang untuk mendukung guru dan pendamping dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif serta meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini terdiri dari beberapa unit yang terstruktur secara jelas dan komprehensif, membahas berbagai aspek penting dalam pendampingan teknis, seperti pembelajaran efektif, penilaian autentik, persiapan dan praktik mengajar, serta pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*. Unit 1 membahas tentang pembelajaran yang efektif, dengan fokus pada pengkajian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), alat penilaian, lembar kerja, dan hasil kerja siswa. Unit 2 memperkenalkan konsep penilaian autentik, yang melibatkan tugas kinerja, rubrik, dan analisis hasil kerja siswa untuk mengevaluasi kemampuan siswa dan merancang tindak lanjut. Unit 3 membahas persiapan dan praktik mengajar, yang bertujuan untuk membantu guru mengimplementasikan gagasan pembelajaran yang telah direncanakan, serta melakukan refleksi terhadap keberhasilan dan kekurangan dalam praktik mengajar. Unit 4 menyoroti pendampingan pembelajaran dengan pendekatan *lesson study*, yang melibatkan siklus *plan*, *do*, dan *see* (refleksi), kerja bersama, dan pengamatan pembelajaran untuk memperkuat penerapan pendampingan teknis. Buku ini menjadi sumber informasi yang relevan dan praktis bagi guru, pendamping, dan pelaku pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Buku ini juga dilengkapi dengan referensi dan pedoman yang mendukung pengembangan profesionalisme pendidik.

Detail Buku

Jumlah Halaman 88
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-308-344-7
eISBN
Modul Pendampingan Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Modul Pendampingan Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar

LPMP DKI Jakarta