Sinopsis Buku: Buku ini merupakan modul pembelajaran yang dirancang untuk membimbing para dosen dan mahasiswa program studi pendidikan dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I. Buku ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran utama, yaitu: 1. Kegiatan Pembelajaran 1: Lingkungan Persekolahan – Memperkenalkan konsep kultur sekolah, aspek-aspek yang membentuk kultur tersebut, serta melatih peserta untuk menganalisis dan memahami lingkungan persekolahan secara mendalam. 2. Kegiatan Pembelajaran 2: Struktur Organisasi dan Tata Kerja Sekolah – Membahas pengertian struktur organisasi, bentuk-bentuk struktur organisasi yang umum diterapkan di sekolah, serta cara mengelola tata kerja yang efektif dalam lingkungan sekolah. 3. Kegiatan Pembelajaran 3: Visi dan Misi Sekolah – Memberikan penjelasan tentang pengertian visi dan misi sekolah, cara merumuskan visi dan misi yang relevan dengan tujuan pendidikan, serta bagaimana visi dan misi berperan dalam membangun identitas dan arah pembelajaran di sekolah. Buku ini dilengkapi dengan rangkuman, tugas, lembar kerja praktik, dan evaluasi untuk memperkuat pemahaman dan penerapan konsep-konsep yang disampaikan. Dengan pendekatan yang praktis dan terstruktur, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi calon peserta PLP I dalam mengembangkan kompetensi sebagai calon pendidik yang profesional dan berkompeten.
Pendidikan nasional menurut Undang Undang No 20 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berfungsi Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab Untuk mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional maka salah satu unsur terpenting adalah tenaga pendidik atau guru yang memiliki kompetensi profesional kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial Undang Undang No 14 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah
Jumlah Halaman | 50 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-191-0 |
eISBN | proses |