Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan sekolah yang berjudul *Penerapan Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Inovatif di SMP Negeri 3 Gringsing Tahun Pelajaran 2016/2017*. Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pedoman bagi guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa, mendorong kreativitas, serta meningkatkan kemandirian siswa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis mereka. Dalam konteks pembelajaran, buku ini menyoroti pentingnya pendekatan *student centered* yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam buku ini adalah *Modeling Simbolik*, yang merupakan model pembelajaran kontekstual yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menantang, menyenangkan, dan memotivasi siswa. Buku ini juga berisi adaptasi dari penelitian tindakan sekolah yang telah dijurnal dalam *Jurnal Edu-Indonesia* jilid 10, tahun 6, Mei 2018. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis pengalaman, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para guru, khususnya kepala sekolah, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui berbagai metode dan model pembelajaran inovatif.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan sekolah yang berjudul *Penerapan Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Inovatif di SMP Negeri 3 Gringsing Tahun Pelajaran 2016/2017*. Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pedoman bagi guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa, mendorong kreativitas, serta meningkatkan kemandirian siswa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis mereka. Dalam konteks pembelajaran, buku ini menyoroti pentingnya pendekatan *student centered* yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam buku ini adalah *Modeling Simbolik*, yang merupakan model pembelajaran kontekstual yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menantang, menyenangkan, dan memotivasi siswa. Buku ini juga berisi adaptasi dari penelitian tindakan sekolah yang telah dijurnal dalam *Jurnal Edu-Indonesia* jilid 10, tahun 6, Mei 2018. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis pengalaman, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi para guru, khususnya kepala sekolah, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui berbagai metode dan model pembelajaran inovatif.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-248-655-3 |
eISBN |